Polresta Barelang Terjurkan 500 Pasukan Gabungan Amankan Imlek di Batam
Oleh : Romi Candra
Jum'at | 27-01-2017 | 15:02 WIB
kapolrestaaman1.jpg

Polresta Barelang Kombes Helmi Santika. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Helmy Santika menugaskan sekitar 500 orang pasukan gabungan, TNI-Polri, untuk mengamankan malam pergantian tahun baru Imlek yang jatuh pada nanti malam, Jumat (27/1/2017). Mereka ditugaskan untuk bersiaga di vihara dan kelenteng.

Direncanakan, sore nanti juga akan dilaksanakan apel gelar pasukan di lapangan Mapolresta Barelang. "Sore nanti akan dilakukan apel untuk pengamanannya," ungkap Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Helmy Santika.

Untuk Polresta Barelang, lanjut Helmy, nantinya juga menerjunkan pasukan, dan diback up oleh Polda Kepri serta Sat Brimob.

"Personil ini, akan mengamankan jalannya malam pergantian tahun baru Imlek maupun kegiatan ibadah di vihara dan kelenteng," lanjut Helmy.

Kapolresta juga mengimbau agar masyarakat yang ikut merayakan, agar berkendara mentaati peraturan laku lintas, serta tidak perlu mengadakan pesta kembang api.

"Jika kegiatan sudsh selesai, lebih baik langsung pulang ke rumah. Jangan nongkrong-nongkrong dulu, apalagi sampai menenggak menuman keras," imbau Helmy.

Sementara Kabag Ops Polresta Barelang, Kompol Agus Joko, mengatakan, personil yang akan diterjunkan tersebut, sekitar 500, gabungan dari Polresta Barelang, Polda Kepri, TNI, serta organisai pengamanan masyarakat atau Banser.

"Nantinya, personil akan disiagakan di lokasi-lokasi yang dijadikan pusat perayaan malam pergantian tahun baru Imlek. Selain itu, juga kita tempatkan di vihara maupun klenteng," tambahnya.

Sebelumnya, Wakapolresta Barelang, AKBP Henki, mengatakan, data yang telah berhasil dihimpun, terdapat sebanyak 92 klenteng dan vihara yang ada di Kota Batam. Namun nantinya pengamanan akan lebih diperketan di beberapa klenteng yang dijadikan lokasi puncak perayaan.

"Ada sekitar delapan klenteng yang menjadi prioritas pengamanan. Disana akan dilaksanakan puncak perayaan. Namun bukan berarti klenteng lain tidak dijaga," tambah Hengki.

Dilanjutkan, untuk tempat yang menjadi prioritas untuk pengamanan diantaranya kawasan Winsor, Sei Panas, Batam Centre dan beberapa tepat yang lainya.

Editor: Dardani