Cuaca Buruk, Syahbandar Peringatkan Nakhoda Kapal
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 25-01-2017 | 19:14 WIB
ruang-tunggu-PDS-Batam.gif

Ruang tunggu penumpang Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menghadapi cuaca buruk di Kota Batam harus disikapi dengan tegas. Tidak terkecuali pada arus trasportasi kapal penumpang yang sangat rentan kecelakaan pelayaran, dalam kondisi cuaca yang tidak bersahabat seperti sekarang ini.

Koordinator Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Raja Zulkifli, memperingatkan kepada Nakhoda kapal penumpang antar kota maupun antar provinsi agar lebih berhati-hati dalam melakukan pelayaran.

"Saya peringatkan untuk Nakhoda, lebih berhati-hati dalam menyikapi cuaca buruk. Saya terus berkordinasi cuaca di BMKG Hang Hadim, Batam," kata Raja, Rabu (25/01/2017) pukul 17.00 Wib.

Raja mengaku, belum ada kendala di PDS selama menghadapi cuaca buruk. Namun, Selasa kemarin, ia mengakui ada penundaan keberangkatan kapal penumpang selama 15-20 menit, akibat jarak pandang terbatas.

Namun demikin, selama cuaca buruk penundaan kapal penumpang tidak cukup lama. Karena ketika cuaca mulai membaik, kapal penumpang langsung diberangkatkan.

"Selasa kemarin baru kita tunda, itu pun hanya 15 menit, tapi saya peringatkan Nakhoda untuk selalu meningkatkan keselamatan penumpang," katanya.

Ia menjelaskan, penundaan kapal penumpang terutama jarak pandang terbatas dan angin kencang. Namun demikian, jika hanya hujan kapal tetap berangkat.

"Saya selalu mengimbau untuk Kapten atau Nakhoda, sekarang cuaca buruk, harus memastikan alat navigasi dan alat keselamatan berfungsi dengan baik. Serta berhati-hati dalam melakukan pelayaran," pungkasnya.

Editor: Udin