Diduga Akibat Puntung Rokok, Muatan KM Bahari 24 Terbakar di Pelabuhan Batuampar
Oleh : Romi Chandra
Senin | 16-01-2017 | 14:02 WIB
muatan-km-bahari1.jpg

Kondisi kapal setelah api berhasil dipadamkan (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Muatan sebuah kapal yang diketahui bernama KM Bahari 24 terbakar di Dermaga Timur Batuampar. Beruntung tidak ada korban jiwa, namun diduga kejadian tersebut akibat puntung rokok dari buruh yang sedang membongkar muatan kapal, Minggu (15/1/2017) siang.

Menurut sumber terpercaya BATAMTODAY.COM, kapal tersebut dengan tujuan Jakarta-Tanjungbatu, Tanjungbalai Karimun-Batuampar, dilanjutkan ke Selatpanjang, dengan muatan semen 50x20.000 sak, bahan lapisan viber sebanyak 50 palet, ban motor 10 kotak serta obat resin sebanyak 50 jirigen 10 liter.

Kejadian tersebut, berawal saat dilakukan pembongkaran muatan berupa tengki air yang terbuat dari viber. Kemudian sekitar pukul 11.30 WIB, para buruh beristirahat sejenak. Sekitar 15 menit kemudian, para buruh melihat ada api di bagian muatan yang belum selesai dibongkar.

"Saat itu tengah dilakukan pembongkaran tangki air yang terbuat dari viber. Di dalam kapal itu, terdapat beragam muatan. Untuk di Batam, para buruh tengah membongkar bawaan kapal, yakni tangki dari viber," ungkap sumber, Minggu malam.

Kejadian tersebut langsung diberitahukan para buruh ke petugas di pelabuhan, sehingga dengan cepat tim pemadam kebakaran datang ke lokasi untuk memadamkan api.

"Sekitar pukul 11.50 WIB, api berhasil dipadamkan petugas. Untungnya tidak ada korban jiwa. Dugaan sementara, kebakaran karena puntung rokok dari para buruh yang tengah mengangkat barang," ungkap sumber tersebut.

Beruntung api berhasil dengan cepat dipadamkan petugas, sehingga tidak membumi-hanguskan kapal tersebut. "Yang terbakar hanya ban dalam, kain viber serta beberapa semen. Kejadian ini langsung ditangani petugas," tambah sumber tersebut.

Editor: Udin