Gedung Pemasaran Oxley Convention City

Pemko Minta BP Batam Segera Serahkan Data ROW Jalan
Oleh : Hadli
Kamis | 12-01-2017 | 15:14 WIB
Oxley-Holding.gif

Inilah Gedung Pemasaran Oxley Convention City yang dibangun di atas row jalan. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bangunan di Batam masih banyak yang menyalahi aturan dengan berdiri kokoh di atas row jalan. Salah satunya, Kantor Pemasaran Oxley Convention City, yang dibangun atas di row jalan deretan Edukit Batam Center, atau seberang Kawasan Pertokoan Palm Sepring.

Sayangnya, untuk menertibkan Kantor Pemasaran Oxley Convention City itu, Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi mengaku masih terhambat oleh surat dari Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam. Yaitu, mengenai data row jalan nasional di Kota Batam yang hingga hari ini belum juga diserahkan.

"Sudah lima kali kami surati BP Batam, tapi belum dikasih. Bukan untuk kami, tujuan kami minta (batas kewenangan) agar bisa kami bangun untuk masyarakat," kata H. Muhammad Rudi saat coffee morning bersama dengan Kapolda Kepri, Danrem WP, Gubernur Kepri dan jajaran Muspida Kepri dan Kota Batam lainnya di Kepri Mall Batam, Kamis (12/1/2017).

Sejauh ini, kata Rudi, Pemko Batam belum mengetahui persis mana batas kewenangan pengelolaan jalan nasional yang dikelola BP Batam dan jalan provinsi.

Kewenangan itu diminta, tambah Rudi agar Pemko Batam juga bisa membangun jalan dan mengelola agar row dan jalan dapat digunakan oleh masyarakat luas.

"Kami juga minta agar batas kewenangan ‎jalan disampaikan. Mana jalan negara, mana jalan provinsi dan mana jalan kota, biar kami bisa segera membangun. Karena masing-masing punya kewenangan untuk membangun," paparnya.

Lebih jauh disampaikan Wali Kota, BP Batam memang telah mengirimkan peta. Menurutnya, permintaan Pemko Batam bukan peta, akan tetapi legalitas yang jelas agar dapat membangun bersama.

"Biar kami bisa membangun. BP Batam minta juga membangun jalan yang jadi tanggungjawabnya. Karena provinsi ‎sudah," tuturnya.

Pengamatan BATAMTODAY.COM, bangunan Gedung Pemasaran Oxley Convention City, yang berencana akan membangun apartemen mewah itu keberadaan menyalahi aturan. Karena berada diatasnya row jalan. Apalagi, jika ditarik garis lurus dari pos polisi di depan Bank BNI Sungai Panas.

Editor: Dardani