Hai Warga Batam, Blanko KTP Baru Ada Maret
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 11-01-2017 | 17:02 WIB
rekam-e-KTP.gif

Ilustrasi perekaman E-KTP. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Masyarakat Kota Batam harus menunggu lama lagi untuk memegang kartu tanda penduduk (KTP). Karena sejak Oktober 2016 kekosongan blonko hingga kini tidak kunjung rampung.

 

Masyarakat masih terus menunggu informasi kapan datangnya blanko. Pasalnya blanko sangat penting dalam melakukan pengurusan baik lamar kerja atau membuka rekekening bank. Namun masyarakat diminta sabar, lantaran blanko KTP akan lebih lama lagi mendarat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Kepala Dinas Disdukcapil Mardanis saat ditemui di kantornya Rabu (11/1/2017) pukul 14.30 Wib. Mengatakan blanko KTP akan datang dari pusat paling cepat ahir Febuari mendatang.

"Kita sejak Oktober mengalami kekosongan blanko, sekarang sudah Januari. Artinya Batam akan mengalami kekosongan blanko selama lima bulan apabila nantinya pusat mengirimkan sesuai prediksi," kata Mardanis.

Mardanis mengatakan sejauh ini pusat berdasarkan informasi sudah melakukan proses lelang blanko. Namun apabila ada problem dalam lelang akan lebih lama lagi warga Batam tanpa KTP.

"Paling lama informasi ahir Maret, tapi diharapkan blanko lebih cepat datang. Karena sudah banyak penumpukan berkas KTP," ujarnya.

Mardanis mengaku sudah 50 ribu berkas permohonan pembuatan KTP yang menumpuk di Kecamatan se-Batam, sejak Oktober lalu hingga saat ini. Nantinya Disduk akan meminta blanko ke pusat 50 ribu lebih untuk kekosongan.

"Kebutuhan kata blanko KTP satu tahun seratus ribu, saya akan minta lebih blanko KTP di pusat, sehingga bisa teratasi," pungkasnya.

Editor: Dardani