Jumat, Puncak Arus Mudik Natal di PDS
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 19-12-2016 | 18:08 WIB
PDS-Sekupang.gif

PDS akan dipadati para penumpang yang akan mudik pada, Jumat 23 Desember atau H-1 sebelum hari Natal (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Natal tinggal beberapa hari lagi, jasa angkutan trasportasi laut maupun udara akan dipadati para calon pemudik. Tidak terkecuali mudik melalui perairan.

Di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) misalnya, akan dipadati para penumpang yang akan mudik. Puncak mudik natal diprediksi akan terjadi Jumat 23 Desember atau H-1 sebelum hari Natal.

"Puncaknya 23 Desember, penumpang akan memadati Pelabuhan Domestik. Persiapannya sudah siap, dari keselamatan kapal maupun di pelabuhan menyambut penumpang," kata Kepala Syhabandar PDS Sekupang, Komaruddin, Senin (19/12) pukul 15.00 Wib.

Komaruddin mengatakan, lonjakan penumpang sudah akan terjadi besok, Selasa 20 Desember. Namun lonjakan tersebut belum signifikan. Lantaran cenderung para penumpang mudik di PDS H-1 menjelang Natal, baru dipadati calon pemudik.

"Biasanya seperti tahun lalu, itu 1 hari sebelum Natal, baru padat. Tapi besok mulai mengalami kenaikan jumlah penumpang," tegasnya.

Nantinya pada mudik Natal, tujuan yang akan dipadati penumpang hanya Dumai, Provinsi Riau. Karena Dumai bisa jadi transit menuju Medan.  Untuk itu ada 10 kapal setiap harinya dalam mengangkut penumpang menuju Dumai.

"Kapal sudah dites. Dumai ada 10 armada, Batam Jet 5, Marina 6. Kalo Natal hanya tujuan Dumai yang ramai, tapi Tahun Baru tujuan Tanjungbalai Karimun dan Tanjungbatu," pungkasnya.

Editor: Udin