Kapal Disebut Milik Pengusaha Bernama Karto

Kapal Meledak Telan 1 Korban Jiwa, Kapolda Sayangkan Pengusaha Lepas Tangan
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 16-11-2016 | 19:14 WIB
kapal-meledak1.jpg

Kapolda Kepri Brigadir Jenderal Sam Budigusdian, turun langsung ke lokasi kapal meledak di pelabuhan rakyat kawasan Pantai Stres Batuampar. Kapolda sangat menyayangkan sikap perusahaan yang tidak mau turun tangan membantu korban. (Foto: Romi Chndra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapal Nona Tank 2 yang meledak dan terbakar di pelabuhan rakyat kawasan Pantai Stres Batuampar, Kota Batam, disebut-sebut merupakan milik salah seorang pengusaha Batam bernama Karto.

Ledakan yang memicu terbakarnya kapal Nona Tank 2, diduga kuat akibat kelalaian dari pekerja di dalam kapal, yang disebut sedang melakukan perbaikan di pelabuhan rakyat tersebut.

Dari data yang berhasil dihimpun, insiden tersebut merenggut nyara satu orang ABK, dan tiga lainnya mengalami luka cukup parah dan sudah dievakuasi ke rumah sakit.

Salah satu korban ledakan kapal Kapal Nona Tank 2 saat dievakuasi petugas. (Foto: Ist)

Kapolda Kepri Brigadir Jenderal Sam Budigusdian, yang langsung turun ke lokasi, sangat menyayangkan kecelakaan kerja yang hingga merenggut nyawa anak manusia ini. Apalagi, setelah Kapolda mendapat kabar bahwa pihak perusahaan tidak mau turun tangan membantu korban.

"Ini adalah musibah dan memakan korban jiwa. Namun pengusaha selaku pemilik kapal malah lepas tangan. Diduga kapal ini milik pengusaha bernama Karto," ungkap Sam, Rabu (16/11/2016) sore.

Ia juga menyebutkan, sebagai pengusaha jangan hanya bisa melakukan protes saat UWTO dinaikkan. Namun juga harus bisa bermurah hati membantu musibah, apalagi kecelakaan kerja.

"Jangan hanya sibuk mengurus UWTO saja, giliran insiden seperti ini malah tidak mau membantu," ungkanya kesal.

Sejauh ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan penyebab meledaknya kapal tersebut. Kuat dugaan, ledakan diakibatkan kelalaian dari kru di kapal itu sendiri.

"Yang jelas, kita akan selidiki penyebab terbakarnya kapal ini. Bisa saja karena kelalaian dari kru kapal sendiri. Namun lebih pastinya nanti setelah penyelidikan dilakukan," tambahnya.

Salah satu korban ledakan kapal Kapal Nona Tank 2 sedang mendapat perawatan medis di rumah sakit. (Foto: Ist)

Dibritakan sebelumnya, ledakan kuat di dalam kapal Nona Tank 2 pada Rabu (16/11/2016) siang tadi, spontan menjadi pusat perhatian warga sekitar. Pasalnya, suara ledakan yang cukup keras terdengar sampai radius jukup jauh dari lokasi.

Kapal Nona Tank 2 yang sandar di pelabuhan rakyat kawasan Batuampar meledak dan terbakar. Belum diketahui pasti penyebabnya, namun kejadian tersebut menelan korban jiwa. (*)

Editor: Dardani