Cuaca Buruk, Kapal Tujuan Singapura Tertunda 2 Jam
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 14-11-2016 | 15:50 WIB
PDS-Sekupang.gif

Suasana pelabuhan Sekupang Batam. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Cuaca buruk, hujan disertai angin kencang membuat jarak pandang terbatas. Beberapa stasiun trasportasi kapal fery penumpang laut mengalami pendundaan, tanpa terkecuali kapal tujuan Singapura.

Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) Batam, Komaruddin mengaku, kepala fery di pelabuhan Internasional Batam-Singapura juga mengalami penundaan keberangkatan selama 2 jam.

"Dua kapal yang kami tunda di Pelabuhan Internasional Sekupang. Sekitar pukul 11.30 Wib kami berangkatkan," ujar Komaruddin.

Komaruddin menjelaskan penundaan keberangkatan berangsur selama dua jam dari pukul 09.30-11.30 Wib. Setelah berkordinasi pelabuhan tujuan, 6 kapal penumpang yang mengalami penundaan diizinkan berlayar.

"Totalnya 6 kapal yang ditunda, 2 dari Internasional dan 4 Domestik Sekupang. Sekarang sudah sampai ke pelabuhan tujuan," katanya.

Namun demikian Komaruddin menghimbau kepada kapten kapal apabila cuaca buruk di perairan. kapten kapal harus mencari pulau atau pelabuhan terdekat untuk bersandar.

"Kapten kapal harus terus berkordinasi dengan syahbandar asal maupun tujuan. Agar langkah-langka yang diambil tidak membahayakan penumpang," pungkasnya.

Editor: Dardani