Stop Pungli, Polda Kepri Telah Bentuk Tim OPP!
Oleh : Hadli
Kamis | 13-10-2016 | 16:14 WIB
kapolda-baloi-kolam.jpg

Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian mengatakan, pihaknya telah membentuk Tim Operasi Pemberantasan Pungli (OPP), sesuai arahan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

 

"Tim sudah dibentuk, dipimpin langsung pak Waka (Waka Polda Kepri Kombes Didi Haryadi) untuk mengatasi pungli," ujarnya usai Bakti Kesehatan di Batamindo Mukakuning, Kamis (13/10/2016) pagi.

OPP yang dibentuk untuk mengawasi pungli yang terjadi di internal kepolisian dan setiap badan atau Insitusi pemerintahan pelayanani masyarakat.

"Jadi tidak hanya memperbersihkan orang (Insitusi) lain tapi polisi juga harus bersih," sambung Sam.

Sam mengatakan, tim yang dibentuk dapat bekerja maksimal mengawasi terjadinya praktek liar. Sehingga pungli bisa dihilangkan 100 persen atau setidaknya, kata dia, bisa ditekan semaksimal mungkin.

Sam menegaskan kepada anggotanya untuk tidak melakukan pungli. Sebab, kata dia bagi anggota polisi yang kedapatan, sangsi terberat adalah pemecatan dengan tidak hormat.

"Saya kira sangsinya sudah jelas, kalau di Polri yang melanggar kode etik kepolisian bisa diberhentikan. Kalo pidana, dipidanakan," ujarnya.

Editor: Dardani