Polisi Dalami Kasus Pencurian di Kabin Pesawat Garuda

Kapolda Minta Pengawasan WNA Masuk Kepri Diperketat
Oleh : Hadly
Kamis | 13-10-2016 | 13:00 WIB
WNA1.jpg

Kapolda Kepri, Brigjen Pol Sam Budigusian Terjun Langsung ke Bandara Hang Nadim setelah tertangkapnya dua MNA Cina mencuri di kabin pesawat Garuda. (Foto: Hadly)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusian meminta pihak imigrasi lebih memperketat pengawasan kepada warga negara asing (WNA) yang masuk ke wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

"Avsec (aviation security) harus meningkatkan pengawasan. Jika ada yang mencurigakan, periksa sedetail mungkin. Sama seperti kalau warga Indonesia ke Singapura," Kapolda yang turun langsung ke Bandara Hang Nadim memantau kasus pencurian di dalam pesawat yang dilakukan dua WNA asal China, Rabu (12/10/2016).

Sam, demikian sapaan Kapolda Kepri, langsung terjun ke bandara setelah mendapat informasi adanya dua WNA asal China tertangkap tangan oleh pramugari mengambil tas di kabin milik penumpang lain.

"Sebelumnya juga telah menerima informasi adanya penumpang yang kehilangan barang berharga di kabin pesawat," ungkapnya.

Petugas Avsec pada Selasa (12/9/2016) pukul 16.10 WIB langsung mengamankan dua orang WNA asal Cina, Zhang Zhengkun (37) dan Zhouxiang (35). Keduanya dipergoki Yovita, pramugari Garuda, saat membongkar tas milik penumpang lain. Tas milik penumpang yang diambil pelaku dari kabin penumpang saat pesawat bertolak dari Jakarta pukul 14.10 WIB tujuan Batam.

GM Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, setelah dilihat dari tiket kedua pria kelahiran Cenan, Cina itu keduanya tidak bermaksud menginap di Batam. Pesawat yang dinaiki akan membawa kembali mereka ke Jakarta. Ada kemungkinan besar kedua pelancong itu terbang ke Batam hanya untuk melakukan pencurian di dalam pesawat.

"Dari tiket nomor penerbangan keduanya, setelah tiba di Batam akan kembali ke Jakarta dengan penerbangan GA159. Kemungkinan besar demikian (modus)," ujarnya.

Zhengkun (37), kata dia, yang melakukan eksekusi, mengambil dan membongkar tas di kursi belakang sementara Zhouxiang (35) bertugas memantau situasi.

Kedua WNA asal Cina tersebut langsung digelandang ke Polresta Barelang setelah diperiksa polisi Kawasan Bandara. "Keduanya sedang kita periksa. Soal modusnya kami belum dapat simpulkan," kata Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Memo Ardian.

Editor: Yudha