Kawanan Perampok Ini Kerap Beraksi di Malaysia
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 01-10-2016 | 10:30 WIB
malingmalaysia.jpg

Inilah kawanan perampok yang kerap "main" di Malaysia (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tidak hanya di Indonesia, kawanan perampok pecah ban yang ditangkap oleh jajaran aparat kepolisian Mapolsek Sekupang Batam ini jugkerap melakukan aksi di Malaysia.

 

Hal ini yang diakui oleh otak pelaku perampokan bermodus pecah ban YY. Dalam ekspos di Mapolsek Sekupang YY mengaku sering melakukan aksi kriminal di Malaysia dengan kedua kawanya AM dan AD.

"Pecah ban dan pecah kaca mobil kalau di malaysia. Saya baru keluar penjara dari Malaysia, terus langsung ke Batam," kata YY Jumat (30/09) pukul 16.00 Wib.

Hal ini juga diakui Kapolsek Sekupang Kompol Ferry Aprizon mengaku komplotan ini sangat terkordinir. Mereka memiliki peran masing-masing dalam beraksi. Ada yang menunggu di Bank untuk memilih calon korban dan ada yang berperan sebagai menaruh paku dan eksekutor.

"Mereka sering "main" (merampok) di luar negri. Masing-masing punya peran penting," katanya.

Dalam kasus pecah ban para pelaku baru melakukan aksinya satu kali, sementara pihaknya masih berkordinasi dengan aparat terkait dalam laporan masyarakat kepada polisi.

"Masih kita kordinasi dengan aparat terkait, pengakunya baru sekali beraksi. Tapi kita tidak percaya begitu saja dan masih terus mendalami kasus ini," tegasnya.

Dalam pengerebekan selain mengamankan keempat BB, AM, YY, FB, AD dan dua penadah hasil perampokan RB, dan IT mapolsek juga mengamankan barang bukti uang tunai yang tersisa Rp10 juta dan lima unit ponsel.

Sementara sisa uang yang lainya pelaku mengaku sudah melakukan transfer ke rekening keluarganya sebesar Rp90 juta. Ferry mengaku sudah melakukan pemblokiran kartu ATM.

"Keempat pelaku kita kenakan pasal 363 pemberatan ancaman 7 penjara. Sementara penadah 480," pungkasnya.

Editor: Dardani