Proyek Siemens di PT SMOE Indonesia Meledak, 3 Orang Dilarikan ke RS Awal Bros
Oleh : Hadli
Sabtu | 17-09-2016 | 15:53 WIB
korbansemoe.jpg

Evakuasi korban ledakan di PT SMOE Indonesia Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kecelakaan kerja kembali terjadi di Batam. Kali ini sebuah ledakan cukup kuat terjadi di PT SMOE Indonesia, Kawasan Industri Kabil, Kecamatan Nongsa, Jumat (16/9/2016). Akibatnya tiga orang mengalami luka-luka dan dilarikan ke Rumah Sakit Awal Bros (RSAB).

"Ledakan yang terjadi cukup kuat. Pintu office sampai getar," kata sumber terpercaya BATAMTODAY.COM, Sabtu (17/9/2016) pagi.

Sumber tadi mengatakan, proyek yang sedang dikerjakakan merupakan proyek milik Siemens. Ketika itu, testing pada salah satu pipa sudah selesai dilakukan. Namun tekanan pada pipa masih ada.

"Testing sudah selesai. Tapi pipanya masih ada pressure. Akibatnya proses commission bling flange hantam orang, tiga orang dibawa ke Awal Bros," ujar sumber kembali.

Ia mengatakan, kalau sudah dilakukan testing, tidak memungkinkan letupannya atau ledakan yang terjadi sekeras itu.

"Blind flange tak mungkin bisa lepas begitu saja walaupun over pressure, plug mungkin, atau mereka terkejut waktu ada ledakan dan terjatuh. Semua kemungkinan bisa saja terjadi," jelas sumber.

Sumber lain menyebutkan, peristiwa naas itu terjadi sekitar pukul 17.45 Wib. Ketika itu, llange penutup pipa gas yang berada di dek B lantai 2 proyek modul inlet 003 terlepas dari pipa yang diduga karena adanya tekanan angin secara tiba-tiba.

"Tiga orang korban laka langsung dibawa ke klinik perusahaan dan kemudian dirujuk ke RS Awal Bros untuk dilakukan perawatan lebih lanjut," terangnya.

Editor: Dardani