Melawan dan Berupaya Kabur, Pelaku Begal di Batam Ditembak Polisi
Oleh : Hadli
Jum'at | 16-09-2016 | 14:48 WIB
pelaku-begal1.jpg

Keempat komplotan begal yang dibekuk jajaran Polsek Batam Kota itu, masing-masing AP (19), BLD (19), AD (18), dan satu orang anak dibawah umur MF (15). (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polisi berhasil membekuk empat pelaku begal di wilayah hukum Polsek Batam Kota. Satu orang pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena mencoba melawan dan melarikan diri.

Keempat komplotan begal yang dibekuk jajaran Polsek Batam Kota itu, masing-masing AP (19), BLD (19), AD (18), dan satu orang anak dibawah umur MF (15). Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono menjekaskan, peristiwa pembegalan yang dilakukan keempatnya terjadi pada hari yang sama, Minggu (11/9/2016), di lokasi yang berbeda.

"Lokasi pertama di Ruko Mega Legenda Batam Center, sekitar pukul 02.20 WIB. Saat itu korban bersama teman-temannya sedang berkumpul nonton bola. Setelah acara selesai, satu kelompok begal datang dan mengancam para korban dengan menggunakan senjata tajam berupa samurai dan stik baseball," ujarnya, Jumat (16/9/2016).

Pelaku melakukan ancaman. Setalah barang-barang berharga milik korban diambil, pelaku juga memukul korban dengan samurai di bagian kepala dan selanjutnya melarikan diri.

Aksi pelaku tidak cukup sampai di situ. Pada pukul 02.35 Wib, keempat pelaku membegal pengendara motor yang berhenti di depan hotel 01 Batam Center. Korban yang tengah mengecek handphonnya ditodong dengan samurai. Pelaku juga sempat memukul korban setelah mendapat barang berharga.

Hartono menjekaskan, dari hasil penyelidikan, pada Kamis (15/9/2016) sekitar pukul 02.00 Wib, anggita Polsek Batam Kota mendapati informasi keberadaan salah satu pelaku, AP. Saat AP ditangkap di kawasan Bengkong, ia mencoba melakukan perlawanan hingga akhirnya ditembak mengarah pada bagian kaki.

Hasil pengembangan dari AP, AD beserta BLD berhasil dibekuk tampa perlawanan di warnet sekitar Oasis, Jodoh. Dari hasil keterangan pelaku, MF berhasil dibekuk di kawasan Bengkong.

"Barang bukti yang berhasil diamankan, berupa 1 unit sepeda motor Yamaha Vega warna hitam nomor polisi BP 2192 DO, 1 buah samurai, 1 buah tongkat pemukul bisboll, 4 unit handphone, dan 1 tablet merk Asus," tutur Hartono.

Editor: Dardani