Tingkatkan Prefesionalisme, Prajurit Lanal Batam Semangat Berlatih Menembak
Oleh : Romi Candra
Kamis | 15-09-2016 | 09:14 WIB
latihanmenembaklanal.jpg

Para prajurit Lanal Batam sedang berlatih menembak dengan sejata laras pendek dan panjang. (Foto: Pen. Lanal Batam). 

BATAMTODAY.COM, Batam - Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo beserta para Prajurit Lanal Batam berlatih menembak di Lapangan Tembak "Cakra" Lanal Batam, Tanjung Sengkuang, Batam, Rabu (14/09/2016). 

Latihan menembak kali ini menggunakan laras pendek dan laras panjang. Penggunaan senjata laras pendek dengan jarak 25 meter senjata yang digunakan itu adalah Sig Sauer Kal 9 mm, G 2 Pindad Kal 9 mm dan Colt Kal 38 mm. Sedangkan laras panjang dengan jarak 100 meter menggunakan SS 2 V1.

Sebelum latihan menembak dimulai, Danlanal Batam memberikan beberapa penekanan kepada seluruh prajurit, baik itu pelaku maupun pelatih serta tim pendukungnya agar dapat melaksanakan latihan menembak dengan laras pendek dan laras panjang secara baik dan benar, sesuai dengan prosedur yang ada.

Selain itu, Danlanal Batam juga mengingatkan anggotanya untuk terus menjaga ketertiban dan keamanan dalam pelaksanaan latihan.

Tujuan latihan menembak tersebut adalah untuk meningkatkan profesionalisme prajurit Lanal Batam, yaitu untuk meningkatkan kemampuan menembak bagi prajurit sehingga diharapkan para prajurit tetap terjaga kemahirannya dalam menembak.

Walaupun anggota bertugas di satuan teritorial dan bukan di satuan tempur namun prajurit tetap dituntut mahir dalam menembak dan harus terbina dan terjaga.

"Menembak merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap prajurit, tidak terkecuali Prajurit Lanal Batam, baik itu pria maupun prajurit wanita (Kowal)," ujar Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo.

Pada kesempatan latihan tersebut hadir pula satuan dari personel KPU Bea Cukai Tipe B Batam. Mereka ikut berpartisipasi dalam latihan dalam rangka membangun sinergitas antar instansi dan mempererat silaturahmi serta koordinasi dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional di bidang kemaritiman.

Selain itu, juga dimakudkan untuk terwujudnya stabilitas nasional dengan menanamkan jiwa patriotisme.
Sedangkan dari Lanal Batam latihan diikuti oleh prajurit Perwira Staf dan Pama Lanal Batam, Danposal/Dan KAL/Patkamla Lanal Batam, Bintara dan Tamtama Lanal Batam.

Editor: Dardani