Siswa SMA Kartini Tauladani Semangat Kurban Nabi Ibrahim
Oleh : Ilham - Eva
Rabu | 14-09-2016 | 08:38 WIB
kurbandikartini.jpg

Para siswa-siswi SMA Kartini sedang menikmati hidangan daging kurban. (Foto: 

BATAMTODAY.COM, Batam - Momentum hari raya Idul Adha tahun ini, dimanfaatkan oleh para siswa SMA Kartini Batam dengan memotong hewan kurban di depan musholla sekolah, Selasa (13/9/2016).

Kegiatan berkurban ini dilakukan dengan bertujuan untuk menjalanankan sunah Rasullah dan mentauladani Nabi Ibrahim. Para siswa-siswi dan guru antusias menyaksikan semua proses kegiatan pemotongan hewan kurban tersebut.

Panitia Kurban Idul Adha SMA Kartini adalah para anggota Rohis. Perayaan ini dilaksanakan baik siswa muslim maupun non muslim. Karena menurut Kepala Sekolah SMA Kartini, Ani Muslimah, makna dari kurban itu ada di setiap ajaran agama, baik muslim maupun non muslim.

"Antusiasme dan kesadaran siswa terhadap makna qurban tahun ini meningkat. Ini dilihat dari meningkatnya jumlah hewan kurban siswa SMA Kartini Batam. Jumlah kurban yang didapat tahun ini adalah 4 kambing dan 1 sapi." ujar Ani Muslimah, Kepala Sekolah SMA Kartini Batam.

Saat penyembelihan kurban, seluruh siswa siswi berkumpul untuk menyaksikan sambil melantunkan takbir yang mengiringi proses penyembelih hewan kurban tersebut.

Usai penyembelihan anggota Rohis mengajak siswa untuk ikut serta dalam membersihkan daging kurban dan bagi para siswi diajak untuk menusuk dan membantu dalam pembakaran sate.

Perbedaan kegiatan kurban tahun ini dan tahun kemarin dapat dilihat dengan jelas perbedaannya. "Alhamdulilah proses berjalannya kurban tahun ini lebih baik dan teratur dari pada kurban tahun lalu. Untuk pelaksanaannya sama yaitu berjalan dengan lancar." ujar Tatang Muslih, guru agama Islam sekaligus pembina Rohis SMA Kartini Batam.

Sementara itu, bagi panitia Rohis pun masih harus menjalankan tugasnya masing masing agar kegiatan kurban tahun ini berjalan dengan lancar dan teratur.

"Semoga tahun depan lebih baik lagi," tutup Tatang Muslih.

Setelah pemotongan hewan kurban, para siswa pun dijamu dengan makan daging yang sebagian telah disalurkan kepada mereka yang berhak menerima.

Editor: Dardani