Tiap Hari, Jalan Raya Batam Merenggut Nyawa
Oleh : Hadli
Selasa | 13-09-2016 | 16:38 WIB
kabid-humas-hartono.jpg

Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sepekan ini, korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas) terus berjatuhan di Batam. Hampir setiap hari jalan raya Batam merenggut nyawa.

Pada Minggu (11/9/2016) malam lalu, laka lantas terjadi pada di jalan kawasan Piayu-Muka Kuning Batam. Seorang pengendara tewas seketika.

Keesokan harinya, laka lantas yang menyebabkan korban meninggal dunia juga terjadi di Taman Niaga. Hari ini, Selasa (13/9/2016) laka lantas kembali terjadi lagi. Kali ini di depan Gedung Damkar Muka Kingung, atau Jalan Raya Tumenggung Abdul Jamal hingga korban remuk.

Selain penyebab kelalain, faktor lainnya juga diakibatkan kelalaian petugas Satuan Lalu Lintas yang tidak siaga pasca Hari Raya Idul Adha 2016 sejak Minggu (11/9/2016). Sejak status siaga dinaikkan, anggota satuan lalu lintas jarang terlihat berada di pos jaga.

Wujud nyata memberikan rasa aman dan nyaman dirasakan masyarakat seiringnya terlihat kendaraan patroli anggota Sabhara dan patroli tiap Polsek. Namun demikian, pasca pengamanan tidak terjadi peristiwa yang mengganggu Kamtibnas secara keseluruhan di Batam.

Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono menyampaikan, pengamanan perayaan Idul Adha 1437 Hijriyah difokuskan di tempat ibadah umat muslim, pasar, pertokoan, mall, tempat rekreasi, pelabuhan, bandara dan tempat keramaian lainnya.

"Ada beberapa kasus laka lantas yang terjadi dan kasus jambret. Masyarakat harus waspada. Jika ada yang mencurigakan segera laporkan ke pihak berwajib," kata dia, Selasa (13/9/2016).

Secara keseluruhan, kata Hartono, pengaman Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah dengan melibatkan 3.044 personil gabungan Polda Kepri, TNI, Satpol PP dan instansi terkait di Kepri, bejalan kondusif.

"Kita bisa lihat dan rasakan hasilnya, Alhamdulilah Kepri, terutama Kota Batam masih aman dan kondusif," kata Hartono.

Hartono mengatakan, pengamanan Hari Raya Idul Adha 2016 akan terus dilaksanakan sampai pekan depan, Minggu (18/9/2016).

Editor: Dardani