Selama Agustus 2016, 410 Kasus Kriminal Terjadi di Kepri
Oleh : Hadli
Jum'at | 09-09-2016 | 15:14 WIB
kapolda-sam-budi-non-dinas.jpg

Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY COM, Batam - Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian mengungkapkan, sepanjang bulan Agustus 2016, telah terjadi sebanyak 410 kasus kriminal di wilayah hukum Polda Kepri.

 

"Selain itu, juga telah terjadi sebanyak109 kasus rawan bencana (kebakaran) telah terjadi di wilayah Kepri yang didominasi kebakaran ringan di hutan," ujarnya saat memimpin apel gelar pasukan pengaman Hari Raya Idul Adha 1437 H di Mapolda Kepri, Jumat (9/9/2016).

Berdasarkan peristiwa kejatahan yang terjadi, tambah Kapolda, diharapkan kesiapan para personil untuk mempedomani commander wish Kapolri, dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan menampilkan sosok polisi yang humanis, serta lakukan inovasi pelayanan dengan berbasis IT.

"Lokasi keramaian yang dapat menimbulkan kerawanan gangguan kamtibmas perlu segera diantisipasi sehingga tidak berkembang menjadi gangguan nyata," ujarnya.

Polda Kepri menggelar apel persiapan pasukan pengamanan dan persiapan sarana dan prasarana menyambut Hari Raya Idul Adha 1437 H yang ditetapkan pemerintah pada Senin (12/9/2016), di lapangan Apel Mapolda Kepri, Jumat (9/9/2016) pagi.

Pengamanan yang melibatkan sekuruh unsur satuan dikerahkan untuk mengamankan tempat rumah ibadah, pasar, pertokoan, mall, tempat rekreasi, pelabuhan, bandara serta setiap titik-titik rawan gangguan kamtibmas dan bencana.

Polda Kepri mengerahkan 2000 pasukan yang diperbantukan TNI sebanyak 1044 personil dengan jumlah keseluruhan personil yang dilibatkan sebanyak 3044 orang.

Pesan Kapolda Kepr kepada anggotanya yakni harus Quick respons dalam menindaklanjuti setiap laporan masyarakat dan dengan segera melakukan langkah – langkah kepolisian sesuai sop untuk antisipasi terjadinyagangguan kamtibmas.

"Laksanakan tugas dengan profesional dan proporsional, hindari sikap dan tindakan yang tidak mencerminkan karakter dan jati diri sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta tetap jaga soliditas Polri. Jangan menyalahgunakan senjata api diluar prosedur," tegas Kapolda Kepri.

Kapolda Kepri mengharapkan kesiapan pada Peringatan Hari Raya Idul Adha 1437 H anggotanya dapat mencapai targetterwujudnya rasa aman dan nyaman masyarakat khususnya dalam melaksanakan kegiatan Sholat Idul Adha, pemotongan dan pembagian hewan kurban.

Editor: Dardani