DKP Batam Berencana Bangun 240 TPS Semi Permanen
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 07-09-2016 | 18:50 WIB
suleman-nababan-baru.jpg

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamana (DKP), Suleman Nababan (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam, berencana akan membuat 240 Tempat Pembuangan Sementara (TPS) semi permanen di Kota Batam.

Hal itu digagas guna mengurangi volume pumbuangan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telaga Punggur. Nantinya 240 TPS tersebut bisa dikelola langsung menjadi 3 R (Reuse, Reduce dan Recycle).

"Wancananya akan ada 240 TPS semi permanen yang akan dibangun, tapi itu masih pembahasan. Untuk mengurangi sampah ke TPA," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamana (DKP), Suleman Nababan

Untuk itu, pihaknya akan berkerja sama dengan Developer, Lurah, Camat, BP Batam dan BPN untuk membahasan penempatan 240 TPS semi permanen yang akan diwancanakan.

"Pragram ini sudah masuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pak Walikota. Tinggal melakukan pembahasan saja dengan instansi terkait," tegasnya.

Melalui Kabid Kebersihan, Yudi Admaji menambahkan, dirinya berharap wancana tersebut bisa terlaksanakan karena TPS yang akan dibangun ini bisa melakukan daur ulang sampah-sampah yang ada nilai jualnya.

"Nah di situ juga ada Bank sampah. Jadi volume sampah ke TPA Punggur itu berkurang," pungkasnya.

Editor: Udin