Ini Penekanan yang Disampaikan Pengarmabar untuk Lanal Batam
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 06-09-2016 | 12:14 WIB
Pangamabar.gif

Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pengarmabar), Laksamana Muda TNI Aan Kurnia (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pengarmabar), Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, beserta Ketua Daerah Jalasenastri Armada Barat, dengan didampingi Asops Pangarmabar dan Aslog Pangarmabar melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Lanal Batam, Senin (5/9/2016) kemarin.

Kunjungan kerja Pangarmabar beserta Ibu tersebut, dalam rangka tatap muka dengan Prajurit Lanal Batam dengan Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJAB.

Sebelum pelaksanaan tatap muka, didahului dengan penyampaian Laporan Komando oleh Danlanal Batam, Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo, di Ruang Transit VIP yang dihadiri oleh Pangarmabar, Danlantamal IV TPI, Asops Pangarmabar, Aslog Pangarmabar, KAS Guskamlabar, dan Asrena Pangarmabar.

Selesai menerima paparan, Pangarmabar melaksanakan tatap muka di Ruang Rapat Lanal Batam yang dihadiri oleh Danlanlatamal IV TPI, Asops Pangarmabar, Aslog Pangarmabar, KAS Guskamlabar, Para Asisten Danlantamal IV TPI, Asisten Guskamlabar, Danlanal Batam, Palaksa Lanal Batam, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanal Batam dan Guskamlabar.

Di tempat terpisah, berlangsung pula acara tatap muka Ketua Daerah Jalasenastri Armada Barat Ibu Kurniawati Rachmadiani Aan Kurnia, dengan Anggota Cabang 5 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada Barat di Ruang Rekreasi Lanal Batam.

Acara itu dihadiri oleh Ketua Daerah jalasenastri Armada Barat, Ketua Jalasenastri dan Pengurus Korcab IV DJAB, Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJAB dan Pengurus serta Anggota Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJAB.

Pada kesempatan tatap muka tersebut, Pangarmabar menyampaikan beberapa penekanan untuk dilaksanakan dan dipedomani bagi prajurit Lanal Batam. Antara lain, ditekankan agar mengurangi pelanggaran dan kecelakaan Alutsista, meningkatkan kinerja dan prestasi Lanal, jangan mudah melepaskan dan menghentikan penyidikan kalau ditemukan unsur pidana.

Selain itu, aset-aset TNI AL/Lanal agar diinventarisir dan dibuatkan sertifikat. Kemudian penerimaan hibah berupa uang atau barang agar dilaporkan secara berjenjang untuk mendapatkan persetujuan.

"Kembangkan budaya maritim melalui Bintal Juang Remaja Bahari dan olahraga perairan, bina hubungan yang baik dengan masyarakat, jangan ada pungli terhadap pelaku usaha, rebut dan menangkan hati serta pikiran rakyat. Semua itu harus dilakukan," ungkap Kurnia.

Lebih lanjut tambahnya, Lanal Batam juga harus meningkatkan pembinaan terhadap nelayan dan masyarakat pesisir, Bindesir agar dipilih (fokus) sehingga apabila ada kegiatan binpotmar desa tujuan atau sasarannya sudah jelas.

"Kemudian juga harus menyiapkan personel yang akan melaksanakan pendidikan dan UKP, dan penekanan terakhir agar dukung penuh unsur-unsur operasi yang melaksanakan bekul," tambahnya.

Sebelumnya, rombongan kungker Pangarmabar tiba di bandara Hang Nadim Batam, disambut dengan tari persembahan sekapur sirih oleh putri-putri anggota Lanal Batam.  Tiba di VIP Room bandara disambut oleh Danlantamal IV TPI dan para Asisten Danlantamal beserta Ibu, KAS Guskamlabar dan para Asisten Guskamlabar, Danlanal Batam beserta Ibu dan Perwira Staf Lanal Batam serta unsur FKPD Kota Batam.

Selesai melaksanakan kunker di Mako Lanal Batam, selanjutnya Pangarmabar beserta Ibu dan rombongan menuju Dermaga Kepri Telaga Punggur Batam untuk melanjutkan kunjungan kerja ke Dabo Singkep,  dengan menggunakan Ferry Oceanna 17, dengan dikawal oleh Patkamla Lanal Batam Combat Boat 58.

Editor: Udin