Walikota Batam Rudi Nyeberang Partai dari Demokrat ke Nasdem
Oleh : Roni Yudha Ginting
Senin | 29-08-2016 | 12:02 WIB
Partai-Nasdem-Kepri.gif

Walikota Batam Tinggalkan Demokrat, Partai Nasdem Kuasai Kepri (Sumber foto: wartakepri.co.id)

BATAMTODAY.COM, Batam - Walikota Batam, Rudi, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Batam pindah ke Partai Nasdem dan menjabat sebagai Sekretaris DPW Nasdem Kepri.

"Tadi kita rapat konsolidasi, sekaligus perkenalan kepengurusan yang baru, yang akan membantu Pak Nurdin. Hadir pak Rudi, yang Wako Batam, sebagai Sekretaris DPW. Kalau Pak Amsakar (Wawako) sebagai Ketua Nasdem Batam," ungkap Wakil Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan, DPW Nasdem Kepri, Pajrin Shihab, Senin (29/8/2016).

Sebelumnya, Gubernur Kepri Nurdin Basirun yang juga Ketua Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Provinsi Kepri sangat senang dengan bergabungnya Walikota Batam HM Rudi ke Partai Nasdem, dan menjabat sebagai Sekretaris Partai Nasdem Kepri. Kepindahan ini akan memperkuat kebaradaan partai Nasdem di Kepri.

”Pak Rudi itu punya massa dan pengikut setianya. Itulah pertimbangan Nasdem terbuka menerimanya. Semoga, bergabungnya pak Rudi memperkuat partai Nasdem,” tutur Nurdin Basirun, Minggu (28/8/2016).

Informasi tentang kepindahan partai Ketua DPC Partai Demokrat Kota Batam, HM Rudi, ramai dimedia sosial. Penelusuran media akhirnya membenarkan kepindahan tersebut.

Kepindahan Rudi ini dikukuhkan dalam rapat konsolidasi dan koordinasi Partai NasDem yang dihadiri anggota DPR RI Dapil Kepulauan Riau Nyat Kadir, Wakil Korwil Horjani Dewati Hutagalung, serta Ketua DPW NasDem Kepri Nurdin Basirun.

“Konsolidasi dan koordinasi Partai NasDem beserta Anggota DPR RI Dapil Kepri, Bpk Drs Nyat Kadir, Wakil Korwil Ibu Horjani Dewati Hutagalung, Ketua DPW Kepri Bpk Nurdin Basirun dan Sekretsris DPW Kepri Bpk Muhammad Rudi,” tulis Amsakar Achmad, Minggu (28/8/2016).

Di Nasdem, Rudi menjabat sebagai Sekretaris DPW Nasdem Kepulauan Riau mendampingi Nurdin Basirun yang menjabat sebagai Ketua DPW Nasdem Kepulauan Riau.

Selain sebagai Ketua DPW NasDem Kepulauan Riau, Nurdin saat ini menjabat sebagai Gubernur Kepulauan Riau periode 2016-2021.

Ketua DPC Nasdem Kota Batam dijabat Amsakar Achmad. Rudi saat ini menjabat sebagai Walikota Batam periode 2016-2021. Sedangkan Amsakar sebagai Wakil Wali Kota Batam.

Sekitar dua minggu lalu, Ketua Partai Nasdem Kepri Nurdin Basirun, dalam sebuah acara di Novotel Batam, mengumpulkan seluruh kader dan pengurus partai Nasdem se Kepri.

Pada saat itu, dijelaskan ke media, susunan pengurus Partai Nasdem akan kuat, karena akan ada sejumlah tokoh akan masuk menjadi pengurus Nasdem di Kepri.

”Pengurus Nasdem Kota juga akan disusun juga, karena akan ada sejumlah penggantian,” ujar Nurdin pertengahan Agustus 2016 lalu.

Kepindahan Walikota Batam ke Partai Nasdem membuat kedudukan politik di Kepri berimbang, jika dilihat dari pimpinan daerah yang berdasarkan partai Politik.

Posisi Gubernur Kepri dari Partai Nasdem, Bupati Lingga dari Partai Nasdem, Walikota Batam Partai Nasdem, Bupati Bintan Partai Demokrat, Bupati Natuna Partai PAN, Bupati Karimun Partai Golkar, Bupati Anambas Partai PPP dan Walikota Tanjungpinang dari Partai PDI Perjuangan.

Dengan komposisi ini, maka tiga kader Nasdem memimpin secara politik di Provinsi Kepri.

Editor: Udin