Mau Dilebur, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Bakal Hilang
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 23-08-2016 | 15:25 WIB
suleman-nababan.jpg

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam, Suleman Nababan. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menyusul Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2016 tentang penggabungan (merger) sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam salah satu SKPD yang bakal ditiadakan.

Sesuai peraturan dan wacana pemerintah pusat, nantinya bidang pengangkutan sampah akan digabung ke Dinas Lingkungan Hidup (Bapelda). Sementara bidang pertamanan akan digabung ke Dinas Pemukiman Perumahan dan Pertamanan, saat ini Dinas Tata Kota (Distako) Batam.

Menananggapi penggabungan SKPD ini, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam, Suleman Nababan, menyambut positif kebijakan tersebut.

"Kebijakan itu justru pemeritah sudah mengkaji hal tersebut, sehingga dampak dalam hal ini bisa diselesaikan. Kita daerah khususya, apapun kebijakan pemerintah pusat dan walikota Batam harus mendukung," kata Suleman dalam sambungan telpon Selasa (23/08/2016), pukul 14.00 Wib.

Ia pun mengakui nantinya Dinas Keberihan dan pertamanan akan hilang. Karena akan digabung dengan Dinas terkait. Meskipn demikian dileburnya beberapa SKPD masih dibahas guna membuat perda kelembagaan.

"Namanya pegawai sudah sumpah jabatan dimana saja dan kapan saja siap melaksaaka tugas," kata Suleman.

Namun menurutnya kebijaka itu dilakukan agar kinerja SKPD kota Batam lebih maksimal. Kedepan lebih baik lagi. "Siapa saja yang nantinya akan menahkodai Dinas yang dilembur?. Kalau saya siap-siap saja," pungkasnya.

Editor: Dardani