Letak Geografis Strategis, Polda Kepri Layak Naik Kelas
Oleh : Hadli
Jum'at | 19-08-2016 | 10:38 WIB
kapoldangerokok2.jpg

Kapolda Kepri Sam Budigusdian berbincang santai dengan wartawan sambil merokok. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian membenarkan tentang rancangan kenaikan Polda Kepri menjadi tipe A. Menurutnya, sudah saatnya sekarang ini Polda Kepri bertipe A.

 

 

"Rencana ini sudah lama diusulkan. Apalagi saat ini Polda Kepri sudah memiliki Rumah Sakit (RS Bhayangkara Polda Kepri) dan SPN (Sekolah Polisi Negara) sendiri. Saya kira sudah kalak," ujar Kapolda kepada BATAMTODAY.COM, di Mapolda Kepri, Kamis (18/8/2016).

Selain sudah memiliki Rumah Sakit dan SPN sendiri, kenaikan status dari tipe B ke tipe A berdasarkan pada kondisi wilayah hukum yang berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga.

Wilayah keluatan yang luas dari daratan, tambahnya juga salah satu faktor kemungkinan naiknya tipe Polda Kepri. "Atau disebabkan juga penduduk yang heterogen, dan menjadi sentral industri," ujarnya.

Pembahasan kenaikan Tipe A Polda Kepri dan beberapa Polda lainnya, kata Sam, masih di bahas Kapolri bersama Anggita DPR RI dan Menterian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI.

"Kami masih menunggu instruksi dari Mabes karena kami hanya melaksanakan apa yang sudah diputuskan," tuturnya.

Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono mengatakan, bila Polda Kepri sudah dioutuskan naik menjadi tipe A maka akan akan terjadi penambahan personil dan peralatan yang memadai untuk menopang kebutuhan operasional Polda Kepri, khususnya di perairan.

"Tentu akan ada terjadi penambahan baik itu sdm atau perlengkapan menunjang operasional. Apalagi saat ini sangat dibutuhkan pengawasan yang ekstra di laut," ujarnya.

Editor: Dardani