Pencuri HP di TOP 100 Sagulung Babak Belur Dihajar Massa
Oleh : Harun al Rasyid
Rabu | 20-07-2016 | 19:12 WIB
Maling-dihakimi-massa.jpg

Pemuda bernama ASK (35) babak belur dihajar massa lantaran kedapatan mencuri handphone milik karyawan toko sepatu di dalam kawasan mall TOP 100, Tembesi, Sagulung (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang pemuda bernama ASK (35) babak belur dihajar massa lantaran kedapatan mencuri handphone milik karyawan toko sepatu di dalam kawasan mall TOP 100, Tembesi, Sagulung Rabu (20/7/2016) sekitar pukul 16.00 WIB.

Informasi yang didapat dari seorang saksi mata, Titin, pelaku ditangkap basah saat memasukkan sebuah hanphone tipe Samsung Lipat kedalam celana bagian belakang. Mulanya, pelaku terlihat memasuki toko tersebut seorang diri dan pura-pura hendak membeli sepatu.

"Dia (pelaku-red) pura-pura belanja, lihat-lihat sendal. Karyawan yang jaga lagi ngobrol dengan pembeli lain," kata Titin karyawan yang berjaga di depan toko itu.

Sejurus kemudian, memanfaatkan momen kesibukan karyawan toko, HP yang ditaruh di atas meja langsung ia sikat dan buru-buru meninggalkan toko. "Saya lihat dia ambil sesuatu di atas meja. Saya gak tahu apa, jadi saya tanya sama penjaganya namanya Jimmi. Ternyata HP yang diambilnya, langsung kami kejar," tuturnya.

Erik, salah satu pengunjung lainnya mengatakan, ketika ditanyakan pelaku masih berkilah tidak mengambil HP tersebut. Namun, ia akhirnya bungkam saat digeledah celananya dan menemukan HP yang diselipkan di belakang kolor pelaku. "HP nya murahan saja. Cuma samsung lipat diembatnya juga. Kami panggil security untuk diamankan," ujarnya.

Sebelum diamankan pihak security, pelaku sempat jadi bulan-bulanan pengunjung lantaran kesal. Apalagi setelah diperiksa ditemukan juga kunci T yang biasa digunakan untuk membobol sepeda motor. "Di sini memang sering kehilangan, HP lah, sendal, sepatu, kadang motor. Kayaknya dia mau ambil motor tapi gak dapat, yah sudah seadanya saja (terpaksa curi HP-red)," tutur Jhon.

Jimmi, korban pencurian saat melapor di Polsek Sagulung mengatakan, ia tak sadar ketika pelaku masuk ke dalam toko itu. HP tersebut biasanya ia simpan di dalam kantong celananya. "Tadi buru-buru ada pembeli jadi lupa simpan. Baru sadar ketika dikasi tahu teman," ujar Jimmi.

Jimmi juga menuturkan, pelaku ini sering terlihat di dalam kawasan TOP 100 dan selalu mondar mandir tanpa tujuan. "Memang sering lihat dia di situ. Jalan sendirian, nanya-nanya harga sepatu. Wajahnya sudah tak asing pokoknya," pungkas Jimmi.

Kapolsek Sagulung, AKP Chrisman Panjaitan membenarkan kejadian ini. Dikatakannya, pelaku sudah diamankan dan akan diproses lebih lanjut. "Pelaku sudah kita tahan dan akan diproses," kata Chrisman singkat.

Editor: Udin