Diduga Hendak Gondol Motor, Pria Ini Sempat Dihajar Warga di Pasar Fanindo
Oleh : Harun al Rasyid
Sabtu | 02-07-2016 | 14:02 WIB
yus-fanindo.jpg

Pelapor dan terlapor saat berada di Mapolsek Batuaji. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang pria berumur 55 tahun berinisial Yus ditangkap pengunjung pasar Fanindo, Tanjunguncang, Batuaji, Sabtu (2/6/2016) sekitar pukul 12.00 WIB. Pria ini ditangkap lantaran hendak melariakan sepeda motor Yamaha Jupiter.

Pemilik sepeda motor, Sahri (43) warga Perumahan Taman Karina blok 24, Tanjunguncang, menuturkan ia baru saja berbelanja kebutuhan pokok dan kebutuhan warung. Lalu ia memarkirkan sepeda motor BP 4913 GD di parkiran pasar Fanindo. Selang beberapa menit ia kembali masuk ke dalam pasar, terdengar kegaduhan di sekitar parkir.

"Motornya saya kunci stang. Belanjaan saya cantol di motor. Belanjaan warung, sayur ikan dan lain-lain," kata Sahri ketika melapor di polsek Batuaji.

Rupanya, warga beramai-ramai mendekati pelaku yang hendak membawa kabur sepeda motor itu. Aksi pelaku ini kepergok saat hendak menunggangi kendaraan milik Sahri. "Waktu itu barang dagangan yang saya cantol di motor sudah berada di bawah. Dia mau ambil motor lari sudah langsung ditangkap warga," tutur Sahri.

Sementara itu, Rahmat, sekuriti pasar Fanindo mengungkapkan, keberadaan pelaku sudah diincar warga sejak pagi hari. Gerak-geriknya yang mencurigakan dan selalu mengamati sepeda motor yang ada di parkiran membuat warga pasar ekstra waspada.

"Warga sudah incar dari tadi pagi, sambil nunggu waktu yang pas. Dia (pelaku, red) bolak balik cek-cek motor," ungkap Rahmat.

Lanjut Rahmat, puncaknya saat ia mendekati kendaraan milik Sahri lalu mencopot cantelan barang belanjaan dan menaruhnya di bawah. Kecurigaan warga diperkuat ketika pelaku hendak menaiki sepeda motor tersebut. "Langsung dikepung warga di situ ramai-ramai. Pelaku langsung diam tak berkutik," ujarnya.

Emosi warga pun terpancing dan tanpa komando melayangkan pukulan ke arah wajah dan badan pelaku. Beruntung pihak keamanan pasar datang dan melerai pemukulan itu. Pelaku langsung digiring ke pos sekuriti dan selanjutnya diserahkan ke pihak polisi. "Warga emosi karena di situ sering kehilangan. Sempat dipukul tadi," ujar Rahmat.

Kapolsek Batuaji Kompol Andy Rahmansyah mengatakan, saat ini pelakunya sudah diamankan. Sementara mengenai kejadian ini, pihak kepolisian masih mendalami dan mengembangkan. "Kita belum mengetahui apakah pelaku mau mencuri motor ataukah sembako milik korban," kata Andy.

Editor: Dodo