Hari Ini Puncak Arus Mudik Lebaran

Belasan Ribu Pemudik Padati Bandara Hang Nadim Batam
Oleh : Hadli
Sabtu | 02-07-2016 | 13:50 WIB
puncak-mudik-hang-nadim.jpg

Para penumpang memadati konter check in di Bandara Hang Nadim, Batam, Sabtu siang.

BATAMTODAY.COM, Batam - Puncak arus mudik Hari Raya Idu Fitri 1437 Hijriah melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam diperkirakan mulai hari ini. Ribuan orang terpantau berjejal di bandara tersebut, Sabtu (2/7/2016).

"Diperkirakan puncak mulai hari ini," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso kepada BATAMTOY.COM

Berdasarkan data yang masuk pada H-6 atau Kamis (30/6/2016) jumlah penumpang yang meninggalkan Batam sebanyak 11 ribuan orang dengan berbagai tujuan.

"Kemarin Jumat (1/7/2016) atau H-5 jumlah penumpang yang meninggalkan Batam sebanyak 10.625 orang. Perkiraan akan terus bertambah hingga H-1 lebaran," tuturnya.

Data tersebut merupakan jumlah penumpang yang meninggalkan Batam. Tambahnya, untuk jumlah penumpang yang datang rata-rata berkisar 7 ribuan orang.

Untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik, pihak bandara mendirikan dua posko pelayanan, pengamanan dan juga mendirikan dua posko klinik untuk penumpang yang membutuhkan pertolongan pertama. Antisipasi itu juga disiagakan mobil ambulance untuk mengantar pemudik yang membutuhkan perawatan ke rumah sakit.

"Petugas gabungan sementara dari TNI AU sebanyak 24 personel dan Polri sebanyak 20 personwl. Untuk anggota Ditpam 20 petugas bandara piket bergantian 4 personel tiap hari. Jumlah ini belum termasuk dari tim medis dan pemadam kebakaran," kata dia.

Pantauan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam kepadatan terjadi sejak pagi hari. Petugas terlihat menyebar untuk mengantisipasi kemacetan, desakan dan hal-hal yang tidak diinginan.

Editor: Dodo