PDS Sekupang Mulai Dipadati Penumpang Mudik
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 02-07-2016 | 09:50 WIB
penumpangdipds.jpg

Para penumpang mudik lebaran memadati PDS Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sudah dua hari, suasana mudik lebaran sangat terasa di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) Batam, baik tujuan antar kota maupun antar provinsi. Bahkan sejak H-7 keberangkatan kapal lebih awal dari hari biasanya.

 

Para penumpang sudah memadati ruang tunggu sejak pukul 04.00 Wib. Mereka menunggu didalam kawasan PDS atau di haman parkir mobil, yang sudah disediakan.

"Kita berangkatkan lebih awal, sudah dua hari yang lalu, jumlah penumpang terus meningkat," kata Kepala Pos Syahbandar PDS Komaruddin Sabtu (2/6/2016).

Memasuki H-4 jelang Lebaran diperkirakan sekitar empat hingga enam ribu penumpang akan berangkat melalui Pelabuhan Domestik.

"Hari ini diperkirakan mencapai 6 ribu penumpang yang berangkat. Mengingat libur panjang dan cuti bersama sudah dimulai hari ini," katanya.

Hingga saat ini berdasarkan data dari Syahbandar PDS sudah ada 13.414 penumpang yang berangkat, sedangkan. Namun jumlah tersebut sangat didominasi oleh para penumpang tujuan antar Kota. Diantaranya, Tanjungbatu dan Dumai.

"Dari pagi atau keberangkatan awal kita sudah izinkan 6 kapal berlayar. Paling ramai tujuan Tanjungbatu dan Dumai," tegasnya.

Komaruddin menambahkan dalam melayani masyarakat pemudik melalui jalur laut. Pihaknya menerapkan sistim buka tutup. Baik penumpang yang turun dari kapal dan yang hendak berangkat.

"Kita gunakan sitem buka tutup, dua dermaga kita gunakan untuk kedatangan maupun keberangkatan," pungkasnya.

Editor: Dardani