Ramadan dan Idul Fitri, BI Kepri Siapkan Uang Tunai Rp6,2 Triliun
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 15-06-2016 | 11:14 WIB
BI-Bukber.jpg

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau buka bersama dengan insan media (Foto: Roni ginting)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri menyiapkan uang tunai sebesar Rp6,2 triliun untuk kebutuhan penukaran uang dan transaksi selama bulan Ramadan dan Idul Fitri.

Kepala Kantor BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, menjelaskan sesuai siklus tahunan, selama periode Ramadan dan Idul Fitri terjadi peningkatan kebutuhan uang tunai, seiring dengan peningkatan transaksi di masyarakat. Dalam rangka menghadapi Ramadan dan Idul Fitri, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau melakukan persiapan dan antisipasi atas meningkatnya kebutuhan uang tunai di masyarakat.

"Kebutuhan uang tunai pada saat Ramadhan tahun 2016 diperkirakan mencapai Rp2,8 triliun atau meningkat sekitar 33 persen dibandingkan tahun lalu mencapai Rp2,1 triliun. Untuk antisipasi penukaran uang, Bank Indonesia telah menyediakan UK dan UL dengan berbagai pecahan dengan total Rp6,2 triliun," kata Gusti saat acara buka bersama dengan insan media, kemarin.

BI katanya lagi, bekerja sama dengan perbankan dalam pelayanan penukaran uang, kas titipan dan kas keliling. Kerja sama dengan perbankan dalam pelayanan kebutuhan uang tunai telah dilakukan di Batam dengan seluruh Bank umum berjumlah 35 Bank, Tanjungpinang 18 Bank dan Karimun 7 Bank sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Sedangkan untuk kota lainnya dapat dilakukan kepada jaringan kantor bank yang tersedia.

"Waktu pelayanan penukaran dapat dilakukan pada hari kerja, mulai pukul 09.00 WIB s/d 11.00 WIB," ujar Gusti.

Editor: Udin