Marlik Pimpin Lapas Kelas II A Barelang
Oleh : Harun al Rasyid
Kamis | 02-06-2016 | 19:46 WIB
kalapas-Barelang.jpg

Kepala lembaga permasyarakatan (lapas) Kelas II A Barelang, Farhan Hidayat, secara resmi digantikan oleh Marlik Subiyanto (Foto : Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Barelang, Farhan Hidayat, secara resmi digantikan oleh Marlik Subiyanto. Begitu juga dengan posisi Kasi Pembinaan dan Pendidikan yang sebelumnya dijabat oleh Maulana Lutfianto akan digantikan oleh Rommy.

Farhan akan dipindahkan ke Direktorat Permasyarakatan di Jakarta dan akan menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat (Kasubit) Penindakan dan Pencegahan. Sementara Maulana akan ditugaskan menjabat di Lapas Makassar, Sulawesi Tenggara.

Farhan berharap, semoga penggantinya ini kelak membawa perubahan Lapas ke arah yang lebih baik. Dapat mempertahankan keadaan yang ada dan meningkatkan lagi kekurangan-kekurangan yang ditinggalkan.

"Terutama masalah pembinaan. Saya berharap semoga bisa meningkatkan lagi hubungan emosional dan mempertahankan situasi yang kondusif," ujar Farhan selepas acara serah terima jabatan (sertijab) yang berlangsung di gedung pembinaan Lapas, Barelang Kamis (2/6/2016).

Hal yang sama juga disampaikan mantan Kalapas Anyar, Marlik, bahwa ke depan ia akan mempertahankan warisan yang sudah ada dan berupaya semaksimal mungkin bisa meningkatkannya lagi.

Dikatakan mantan Kalapas Banyuwangi Jawa Timur ini, fokus pengamanan dan penertiban anggota lapas menjadi poin penting.

Pengaman ini terkait penjagaan narapidana terutama masalah masuknya narkoba ke Lapas. Permasalahan narkoba di Lapas menjadi sorotan penting di negeri ini setelah banyaknya oknum-oknum yang memanfaatkan posisi napi sebagai pengedar narkoba. Bahkan, perdagangan narkoba sendiri kebanyakan disetir oleh narapidana yang berada di dalam Lapas.

"Narkoba masuk ke dalam Lapas memang susah dihindari. Namanya kecanduan, pasti membutuhkan barang itu. Tapi kita mencoba meminimalisir peredaran itu," pungkasnya.

Editor: Udin