Inilah Hasil Pertemuan Bea Cukai dengan Singapura Cegah Kejahatan Lintas Negara
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 31-05-2016 | 16:45 WIB
robert.jpg

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga (KIAL) Direktorat Bea CukaiC, Robert Leonard Marbun

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam pertemuan yang dilakukan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (BC) Kementerian Keuangan bersama beberapa instansi terkait Singapura di Kantor Pelayanan Utama (KPU) BC Tipe B Batam, telah membahas tiga hal penting dalam penanganan kejahatan lintas negara.

Tiga hal tersebut, yakni pertukaran informasi teekini dan mutakhir, patroli laut terkoordinasi serta investigasi bersama.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga (KIAL) Direktorat BC, Robert Leonard Marbun, menjelaskan, kerjasama di bidang pertukaran informasi terkeini tersebut, meliputi informasi target kriminal terkait peradaran obat terlarang dan ilegal tranding, informasi subyek perdagangan yang bereputasi baik, serta joint analisis dari informasi yang dipertukarkan.

Sementara dalam bisang patroli laut terkoordinasi, meliputi operasi dilakukan berdasarkan informasi yang dipertukarkan, operasi dilaksanakan dalam hal diperlukan. Namun bersifat terus menerus.

"Kemudian patroli ini juga akan melakukan operasi dilakukan oleh masing-masing administrasi pabean dua negara di tempat trtentu dan kolaboratif," ujarnya, Selasa (31/5/2016).

Sedangkan dalam investigasi bersama, akan menindaklanjuti atas hasil operasi yang telah dilaksanakan, seperti bertindak sebagai saksi ahli, observasi aktif, dan monitoring terhadap jaringan kriminal tertentu.

"Semoga kedepan tiga hal ini bisa dilakukan dengan maksimal antar dua negara," pungkasnya.

Editor: Surya