PT McDermott Indonesia Sumbang Satu Becak Motor untuk Bank Sampah Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 04-05-2016 | 14:25 WIB
betor-bank-sampah-batam.jpg

Kepala DKP Batam, Suleman Nababan dan Ketua TP PKK Batam, Marlin Agustina Rudi tampak sumringah menerima bantuan becak motor dari PT McDermott Indonesia untuk operasional bank sampah. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT McDermott Indonesia memberikan bantuan operasional berupa satu unit becak motor kepada pelaku usaha bank sampah melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam.

Selama dua tahun berjalan anggota bank sampah DKP saat ini, mencapai 6 ribu orang, rata-rata didominasi oleh ibu rumah tangga. Marlin Agustina Rudi, selaku Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Batam sangat berterimakasih atas bantuan yang sudah diberikan.

"Bantuan ini sangat bermanfaat bagi nasabah bank sampah yang merupakan ibu-ibu PKK," ujarnya, Rabu .

Ia berharap kedepanya anggota bank sampah lebih banyak lagi dan tambah maju. Karena tanpa disadari sampah di rumah, ternyata banyak nilai ekonominya. Marlin berharap seluruh ibu rumah tangga di Batam misa memilah sampah yang ada nilai jualnya.

"Mulai sekarang saya akan coba memilah-milah sampah dirumah. Nantinya baru mengajarkan lingkungan warga. Tanpa disadari bank sampah ini juga mengurangi volume sampah di Batam," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DKP Kota Batam Suleman Nababan mengatakan armada becak motor akan diahlikan ke unit bank sampah yang ada di Kampung Tua Patam Lestari dengan jumlah nasabah sebanyak 20 orang.

"Sekarang sudah ada 165 unit bank sampah, yang tersebar di Batam. Nasabah itu itu rata-rata ibu-ibu rumah tangga," katanya.

Dibentuknya bank sampah ini, kata Suleman bertujun mengedukasi masyarakat supaya belajar memilah sampah. Agar sampah yang ada nilainya bisa dimanfaatkan dan yang tidak ada nilainya bisa dibuang.

"Habis belanja, bungkusan plastik jangan dibuang karena bisa jadi sampah ekonomis. Sisa sayuran bisa dikumpul menjadi kompos. Kalau ini dilakukan kemungkinan besar sampah di Batam akan berkurang," pungkasnya.

Editor: Dodo