Trans Batam Tambah Lima Koridor untuk 15 Bus Baru
Oleh : Harun al Rasyid
Selasa | 03-05-2016 | 14:49 WIB
trans-batam-johan.jpg

Johanesken, Kepala Operator Bus Damri Batam. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Armada bus Trans Batam akan ditambah lagi sebanyak 15 unit pada pertengahan Mei tahun 2016 ini. Rencananya, bus baru tersebut akan melayani lima koridor baru yang juga akan dibuka pada bulan Mei ini.

Johanesken, Kepala Operator Bus Damri yang juga melayani operasional Bus Trans Batam koridor II Tanjunguncang menuturkan, berita tentang akan didatangkannya 15 bus baru sudah ia ketahui. Namun, sampai saat ini belum diketahui secara pasti kapan tepatnya diserahkan ke pihaknya.

"Memang ada tambahan armada lagi. Lebih jelasnya ke regulator yang mengadakan bus ini," ujar Johanesken saat ditemui pewarta Selasa (3/5/2016).

Jika jadi didatangkan, bus tersebut akan di bagi ke beberapa titik atau koridor di Kota Batam. Diantaranya, koridor Nongsa-Batam Center, Punggur-Batam Center, Tanjunguncang-Sekupang dan beberapa tempat lain yang belum terjangkau armada Trans Batam.

"Intinya kita melayani masyarakat dan berusaha mencukupi permintaan warga agar lebih nyaman dalam perjalanan," ucapnya.

Dengan adanya tambahan 15 armada bus Trans Batam yang baru ini, maka jumlah koridor nanti menjadi 11 bagian. Saat ini sudah ada enam koridor yang terbagi ke beberapa wilayah Kota Batam. Koridor I melayani trayek Sekupang-Batam Center, koridor II arah Tanjunguncang-Batam Center, koridor III trayek Jodoh-Sekupang, koridor IV bus sekolah yang ditempatkan di galang, koridor V Jodoh-Batam Center, terakhir koridor VI dari arah Piayu ke Batam Center.

"Kita sudah punya 44 bus saat ini kalau ditambah lagi menjadi 59 bus. Tambahan bus ini sudah cukup ideal," ujar Johanesken.

Lebih lanjut dijelaskannya, ukuran bus yang baru ini lebih besar dan luas dibandingkan yang sudah ada. Sehingga layanannya akan diusahakan lebih maksimal. Kemungkinan, masih kata dia, bus-bus lama yang ada di Tanjunguncang akan diganti dengan bus baru yang lebih besar.

"Paling cuma 1 atau 2 bus yang kita tarik. Sesuai kebutuhan saja nanti," pungkasnya.

Editor: Dodo