Kapolda Sumringah, Perayaan May Day di Kepri Berlangsung Kondusif
Oleh : Hadli
Senin | 02-05-2016 | 15:14 WIB
kapolda-sam-budigusdian.jpg

Kapolda Kepri, Brigjen Pol Sam Budigusdian.

BATAMTODAY.COM, Batam - Cara baru buruh di Kepri khususnya Batam memperingati Hari Buruh Sedunia atau May Day pada 1 Mei kemrian, mendapat apresiasi Kapolda Kepri, Brigjen Pol Sam Budigusdian karena menciptakan situasi yang kondusif. 

"Saya ucapkan terima kasih pada semua elemen buruh atau pekerja yang melaksanakan May Day dengan semangat kekeluargaan serta menciptakan situasi dan kondisi Kepri tetap aman dan kondusif," ujar Sam, Senin (2/5/2016).

May Day 2016 di Kepri hanya diperingati di empat wilayah, Batam, Bintan, Tanjungpinang serta Kabupaten Karimun. Pada tahun ini, buruh memperingatinya dengan cara menggelar family gathering, bakti sosial serta hiburan, kecuali Karimun dengan cara konvoi di jalan.

Dari empat wilayah, jumlah buruh terbesar berada di Batam dan pada May Day Buruh melaksanakan kegiatan di beberapa titik. Seperti Sarikat Pekerja Nasional (SPN) Kota Batam melaksanakan kegiatan Family Day di Pantai Nongsa dengan jumlah massa sebanyak 150 orang.

Doa bersama untuk mendiang Bapak Yakob Nuwawea oleh K-SPSI Kota Batam di Sekretariat K-SPSI Kota Batam Ruko Bintang Raya blok B no 2 Batam Centre dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang.

Selanjutnya jalan santai dan hiburan yang diselengarakan PUK FSP Farkes SPSI PT JMS di PT. JMS Kawasan Batamindo Mukakuning dengan jumlah peserta senbanyak 500 orang.

Agenda panggung rakyat dan buruh melakukan orasi serta deklarasi ormas oleh KC FSPMI Kota Batam di Terminal Pintu 3 Muka Kuning Sei Beduk Kota Batam dengan jumlah buruh sebanyak 2000 orang.

Acara family day, jalan santai , perlombaan dan doorprize juga diselenggarakan PUK FSPMI PT. Infinion di Community Centre Batamindo Kota Batam dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang.

Pentas seni oleh PUK FSPMI PT Epcos Indonesia di lapangan pintu 2 Kepri Mall Batam. Jumlah peserta yang hadir sekitar 2.000 orang.

Jalan santai dan perlombaan anak-anak oleh DPC SPSI Pantai Timur Kabil di Sekretariat DPC SPSI Pantai Timur Ruko CNN Kabil Blok D6 No 06 Kabil Kota Batam dengan jumlah massa sebanyak 500 Orang.

Olahraga bersama dan baksos oleh DPC F Lomenik SBSI Kota Batam di Kantor Sekretariat DPC F Lomenik SBSI Kota Batam, Ruko Mitra Mall Blok B2 no 01 Batuaji Batam dengan jumlah massa sebanyak 300 orang.

Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Hartono menyampaikan, dengan kondusitifitas kamtibmas pada perayaan May Day akan menambah rasa nasionalisme kenegaraan antara buruh dengan perusahaan, buruh dengan pemerintah, buruh dengan masyarakat hingga lebih terjalin hubungan yang harmonis.

"Kedepan Provinsi Kepri akan menjadi dambaan oleh investor untuk mengembangkan berbagai bidang usaha hingga dapat meningkatkan perekonomian Kepri di masa yang akan datang," tuturnya.

Editor: Dodo