Dinsosnakertrans Lingga Adakan Program UEB untuk Masyarakat RTLH
Oleh : Nur Jali
Minggu | 03-04-2016 | 11:11 WIB
IMG-20160326-01114.jpg
Kadinsosnakertrans Kabupaten Linggan Muslim. (Foto : BATAMTODAY.COM/Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep -Tahun ini Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Lingga akan mengadakan program usaha ekonomi produktf (UEB) yang disebulumnya disebut KUBE.

Program ini nantinya akan di utamakan bagi masyarakat miskin yang memiliki rumah tidak layak huni (RTLH) , khususnya masyarakat yang memiliki usaha raumah tangga. 

"Program ini program untuk pengentasan kemiskinan, dengan modal yang diberikan tadi, diharapkan dapat meningktakan perekonomian masyarakat penerima UEB ini," Kata Muslim Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Lingga, Minggu (3/4/2016).

Program ini sebagai program untuk mewujudkan visi dari Bupati Lingga  Alias Wello untuk mensejahterakan masyarakat. Dimana pada tahun ini sudah disiapkan sebanyak 90 kepala keluarga penerima RTLH untuk mendapatkan program ini.

"Satu RTS atau Kepala Keluarga akan mendapatkan modal sebesar 2 juta sampai dengan 2,5 juta rupiah, tergantung dari keuangan daerah nantinya," jelas Muslim.

Disinggung mengenai pembangunan RTLH 2015  yang sempat terkendala pembangunannya karna macetnya dana shering melalui program taskin 2015. 

Dikatakan Muslim kegiatan ini akan diteruskan pada tahun ini, dengan menambahkan kekuragan 30 persen dari anggaran sebelumnya, melalui APBD Provinsi Kepri.

"Tahun ini akan dilanjutkan pembangunannya, anggarannya melalui APBD Provinsi Kepri, jadi satu rumah nanti akan mendapat tambahan sekitar 5 juta lebih per rumah," ungkapnya.

Program pembangunan RTLH ini sebelumnya sempat tertunda karna defisit anggaran yang terjadi di Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2015. Karna hal ini merupakan tanggung Jawab Provinsi kepri, sehingga tahun ini kembali di anggarkan melalui APBD Provinsi Kepri.

"Pembangunan awal dari APBD Kita sudah kita serahkan semuanya. Jadi yang 30 persen itu tanggung jawab Pemprov Kepri," ungkapnya.

Editor: Surya