Pesawat Pengintai Ditemukan Mengapung di Perairan Indonesia
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 01-04-2016 | 12:28 WIB
IMG-20160401-WA0002.jpg
Kapolda Kepri, Brigadir Jendral Sam Budigusdian saat meninjau kapal pengintai yang ditemukan mengapung diperairan Indonesia (Foto : Romi Chandra) 

BATAMTODAY.COM, Batam - Satu unit pesawat tanpa awak dan pada tubuhnya bertuliskan Banshee Target, menjadi pusat perhatian warga dan aparat penegak hukum di Pelabuhan Internasional Batam Center, Kamis (31/3/2016).

Pasalnya, pesawat dengan nomor 6217T1 tersebut bukan milik Indonesia, sehingga penemuannya menjadi tanda tanya besar, milik negara mana atau hanya mainan pribadi.

Keterangan yang didapat, pesawat itu ditemukan mengapung di perairan Indonesia sekitar pukul 11.00 WIB, dengan titik koordinat 15,448 N bujur 104 derjat 05 S, oleh awak kapal Lintas Samudera 9, saat berlayar menuju Situlang Laut, Malaysia.

Pesawat itu baru diserahkan saat kapal kembali tiba di Batam melalui Pelabuhan Internasional Batam Center.

Temuan tersebut langsung dilaporkan kepada semua aparat penegak hukum. Sehingga Kapolda Kepri beserta jajarannya, TNI AL maupun TNI AU, langsung turun ke lokasi mengecek pesawat tersebut.

Menurut Kapolda Kepri, Brigadir Jendral Sam Budigusdian, pihaknya akan menyelidiki lebih lanjut terkait temuan pesawat tersebut. Namun keterangan dari Lanud kepadanya, Indonesia belum memiliki pesawat jenis tersebut.

"Indonesia belum memiliki pesawat jenis ini. Karena itu kita akan selidiki, apakah ini pesawat pengintai atau hanya mainan milik pribadi. Dari bentuknya, Indonesia juga pernah menemukan pada tahun 2012 lalu, namun kita belum mengetahui apakah jenisnya sama," pungkasnya.

Editor : Udin