Pas Masuk ABC yang Digunakan Mafia TKI Ilegal Ternyata Diakomodir Disnaker Batam
Oleh : Hadli
Selasa | 15-03-2016 | 17:37 WIB
IMG_20160314_132708.jpg
Inilah salah satu pria yang mengendalikan pemulangan TKI ilegal di Bandara Hang Nadim mengenakan pas masuk ABC (foto : dok BATAMTODAy.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam mengungkapkan, pas masuk milik perusahaan yang dipegang dan digunakan oleh oknum jaringan sindikat TKI ilegal, merupakan rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja Kota Batam.

"Itu koordinator dari perusahaan yang dikoordinir Dinas Tenaga Kerja Batam, untuk penyaluran tenaga kerja," kata Kepala Bidang Umum Bandara Hang Nadim, Suwarso, Senin (14/3/2016) sore.

Ia mengungkapkan, perusahaan-perusahaan tenaga kerja yang direkomendasikan Dinas Tenaga Kerja Batam (Disnaker) kepada pihak Bandara Hang Nadim, merupakan perusahaan resmi.

"Kita memberikan fasilitas berdasarkan rekomendsi Disnaker agar tertib pelaksanaanya," ujarnya ketika disinggung langkah pihak bandara untuk memferivikasi pihak-pihak yang mendapatkan pas masuk tersebut,  agar tidak disalah-gunakan.

Pas Bandara Hang Nadim Batam yang dikantongi para oknum TKI Ilegal tersebut adalah katagori ABC. Artinya, siapa saja yang memengang pas masuk tersebut, bisa bebas masuk hingga di ruang tunggu keberangkatan.

"Fasilitas pas masuk ABC itu, bisa masuk mulai dari Kedatangan, cek-in area sampai ke ruang tunggu keberangkatan," kata Suwarso

Berita sebelumnya, pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal dari Malaysia ke Batam marak terjadi. Setiap hari, ratusan TKI pulang ke kampung halamannya melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam dan 'disupiri' para pemegang pas bandara. Rata-rata tujuan mereka ke Surabaya.

Baca : Pemulangan TKI Ilegal Melalui Bandara Hang Nadim Dikuasai Pemegang Pas Masuk

Editor : Udin