Ratusan Warga Demo di Kantor Lurah Sei Lekop Tuntut Pemilihan RW Secara Demokratis
Oleh : Harun al Rasyid
Selasa | 15-03-2016 | 12:46 WIB
demo-seilekop.jpg
Aksi unjuk rasa warga RW 10 di Kantor Kelurahan Sei Lekop. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan warga RW 10, Kelurahan Sei Lekop, Sagulung melakukan aksi demontrasi di kantor lurah yang terletak di Sagulung Bahagia Blok B nomor 24, Selasa (15/3/2016) sekitar pukul 09.00 WIB. 

Mereka menuntut keputusan lurah Sei Lekok, Lanaja agar segera menginstruksikan pemilihan ketua RW 10 yang baru. Pasalnya, masa kepemimpinan Joko Pitoyo sebagai ketua RW 10 sudah berakhir pada Desember tahun lalu. 

"Kami cuma mau klarifikasi, tidak anarkis. Kami tinggalkan kerja, tak masalah. Tapi segera selesaikan permasalahan kami," ujar Stanis Laus, salah satu pendemo.  

Selain tidak dilakukan pemilihan yang baru, dikatakan Stanis, Joko sudah menyatakan dirinya menjadi ketua RW 10 kembali tanpa adanya pemilihan secara demokratis. Padahal, di masa kepemimpinan Joko sebelumnya, warga juga tidak diikutkan dalam proses pemilihan. 

"Ini negara demokrasi, kenapa pemilihan ketua RW tidak melibatkan warga. Kok bisa dia milih diri sendiri. Kami tidak mau dia jadi ketua RW kami," tegasnya. 

Hasan Basri, warga RT 01 menambahkan, sebelum menjadi ketu RW, Joko sempat menjadi ketua RW 04. Setelah adanya pemekaran menjadi RW 10, warga sepakat mengangkat Joko secara aklamasi untuk memimpin RW 10. 

"Pertama kita maklumi karena baru pemekaran. Periode kedua tidak ada pemilihan, langsung saja dia jadi RW. Kami maklumi lagi. Sekarang periode ketiga malah dia bilangnya bonus dari lurah. Ada apa ini, demokrasi kok pakai bonus," papar Hasan. 

Dengan membawa berbagai selebaran dengan tulisan para pendemo memadati halaman depan kantor Lurah Seibeduk. Ada apa dengan lurah Sei Lekop, kok RW 10 melenggang bebas? Lurah jangan bodohi rakyat. Ciptakan pemilihan RW 10 segera dengan demokrasi. Begitulah tulisan dari warga yang resah dengan sikap Lurah maupun ketua RW yang tak mau digantikan posisinya. 

"Pak Lurah lagi rapat, sebentar lagi beliau ke sini. Tolong perwakilan dari warga kita bicarakan secara baik-baik," ujar salah satu perwakilan dari kelurahan.

Selang 1 jam kemudian, Lurah Sei Beduk, Lajanah tiba dilokasi dan melakukan musyawarah dengan beberapa perwakilan warga. 

Editor: Dodo