Terkait Pernyataannya di Baloi Kolam

Nono Hadisiswanto Sampaikan Permintaan Maaf kepada Wartawan
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 02-03-2016 | 16:12 WIB
demo-nono.jpg
Nono Hadisiswanto saat menyampaikan permohonan maaf kepada menyusul pernyataan kontroversialnya yang menuding wartawan sebagai provokator dalam pemberitaan kasus lahan di Baloi Kolam. (Foto: Roni Ginting)

BATAMTODAY.COM, Batam - Nono Hadisiswanto, anggota Komisi I DPRD Batam, akhirnya menyampaikan permintaan maaf kepada wartawan atas ucapannya di hadapan warga Baloi Kolam.

"Sebelumnya, saya minta maaf yang sebesar-besarnya. Semoga bisa menerima kekurangan saya," kata Nono di hadapan puluhan wartawan, Rabu (2/3/2016) siang.

Ia melanjutkan bahwa telah terjadi salah paham dengan wartawan. Menurutnya, dia hanya meminta agar pemberitaan tidak memprovokasi. "Salah minta maaf kalau sudah kenal, tahu visi dan misi. Ke depan mari kita sama-sama," ujar Nono.

Sedangkan Ketua Komisi I DPRD Batam Nyanyang Haris Pratamura mengatakan bahwa kedatangan rekannya di kawasan Baloi Kolam kemarin, bukan kepentingan pribadi melainkan atas nama institusi.

"Kita benar-benar bekerja untuk rakyat. Atas nama Komisi I juga meminta maaf," kata Nyanyang.

Namun demikian, wartawan tetap meminta agar Nono Hadisiswanto mengklarifikasi ucapannya di hadapan warga Baloi Kolam. Pasalnya, akibat pernyataan tersebut telah membuat preseden buruk terhadap kinerja wartawan.

"Kami minta klarifikasi di hadapan warga. Karena dampaknya kepada kerja kami di lapangan," tegas Tommy Purniawan, ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kepri.

Lanjutnya, pernyataan anggota DPRD dari Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut akan dilaporkan secara tertulis ke Dewan Pers dan Badan Kehormatan DPRD Batam.

"Intinya, kita tetap minta agar pernyataan tersebut diklarifikasi di hadapan warga," tegas Tommy.

Permintaan wartawan tersebut disetujui namun mereka meminta waktu. Selepas itu para 'kuli tinta' dari berbagai media di Batam tersebut membubarkan diri.

Sebelumnya, Nono mengeluarkan pernyatan kontroversial di hadapan warga Baloi Kolam dengan menuding pewarta sebagai provokasi dalam membuat pemberitaan terkait masalah di Baloi Kolam.


Di hadapan warga, Nono Hadisiswanto --wakil rakyat yang duduk di Komisi I DPRD Kota Batam, yang akrab disapa Cak Nono, malah mengatakan seakan selama ini pewarta membuat berita yang memprovokasi warga, sehingga imej negatif dari warga muncul.

"Wartawan jangan membuat berita yang memprovokasi warga," ujarnya di depan warga, Selasa (1/3/2016).

Editor: Dodo