Swastanisasi Pengangkutan Sampah di Batam Dihentikan Tahun Depan
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 18-02-2016 | 16:48 WIB
truk_sampah_batam.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) Batam berencana akan mengambil-alih pengangkutan sampah di tiga di Kecamatan Bengkong, Lubuk Baja dan Batu Ampar yang saat ini masih dikelola oleh swasta.

Wakil Wali Kota Batam, Rudi mengakui bahwa sampah kini masih menjadi persoalan utama Pemko Batam yang belum diselesaikan, karena itu tahun 2017 Pemko Batam akan melayani pengangkutan sampah di semua kecamatan.

"Tahun ini kita akan beli kendaraan, dan 2017 sampah akan kita angkut semua. Tidak ada lagi yang swasta," kata Rudi, Kamis (18/2/2016).

Kemudian, untuk memaksimalkan pihaknya berencana juga akan menambah wewenang camat dan lurah untuk ikut mengontrol sampah perumahan sehingga pengangkutan sampah dari perumahan ke tempat pembuangan sementara menjadi tanggung jawab camat.

Sedangkan dari TPS ke TPA menjadi akan menjadi tanggung jawab Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam, supaya wilayah cakupan DKP tidak terlalu luas dan pengangkutan bisa lebih maksimal.

"Tidak hanya persoalan sampah, pekerjaan-pekerjaan kecil juga akan dilimpahkan ke kecamatan," katanya.

Maka itu ia berharap juga rencana pemekaran kecamatan menjadi 22 nanti bisa disetujui DPRD Batam sehingga cakupan kerja camat nantinya juga tidak terlalu luas.

Editor: Dodo