Orang Masuk Sesukanya Menjadi Penyebab Kriminal Terjadi di Batam
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 18-02-2016 | 11:18 WIB
penumpang.jpg
Kriminalitas terjadi dikarenakan orang yang masuk ke Batam sesukanya saja (foto : ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota Batam, seharusnya sudah mulai mempertimbangkan untuk menerapkan Peraturan Daerah tentang jumlah penduduk (Perdaduk) yang ada di Batam

Pasalnya, jumlah penduduk yang semakin padat, sudah tidak sesuai dengan jumlah lapangan kerja yang ada, sehingga pengangguran merajalela dan kejahatan tidak dapat dihindarkan.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polresta Barelang, Kompol Deden Nurhidayatullah mengatakan, kriminalitas terjadi dikarenakan orang yang masuk ke Batam sesukanya saja, sehingga sulit mendata masyarakat yang tinggal di Batam.

Hal itu juga membuat bangunan rumah liar (ruli) tidak bisa dihilangkan, karena mereka yang masuk ke Batam tidak memiliki tempat tinggal.

"Akibatnya, dilahan orang lain mereka bangun rumah. Begitu timbul kejahatan, dan kami mendata orang ke ruli itu, mereka tidak mengenali warganya sendiri, karena tidak terdata dan tidak ada perangkat RT/RW. Hal itu sering kami temui dilapangan," pungkasnya.

Bahkan, saat pemilik lahan berusaha mengambil miliknya lagi, masyarakat tidak mau pindah, sehingga premanisme terjadi. Warga sesamanya mau berbenturan karena uang,  dan juga disebabkan tidak ada lapangan pekerjaan yang layak.

Editor : Udin