Ini Tanggapan ATB Terkait Pernyataan Rizal Ramli tentang Tarif Air
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 16-02-2016 | 10:56 WIB
ATB.jpg

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya RI, Rizal Ramli menggulirkan wacana untuk membentuk Dewan Air Nasional saat konferensi pers pada akhir Desember 2015 lalu di Gedung BBPT Jakarta.

Usulan tersebut karena harga air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dinilai belum ekonomis. Harga air PDAM masih banyak yang dijual di bawah harga standar. Sebaliknya, harga air yang dijual perusahaan air minum (PAM) swasta dinilai memberatkan, karena harganya terlampau tinggi.

Menanggapi hal tersebut, Enriqo Moreno Ginting, Corporate Communication Manager PT Adhya Tirta Batam (ATB), mengatakan bahwa semua perusahaan air minum swasta menjual air dengan harga tinggi. Harga jual air bersih ATB untuk golongan Rumah Tangga lebih rendah dibanding kota besar lain.

"ATB menjual air kepada pelanggan golongan Rumah Tangga Rp2.000/m3 untuk 10 m3 pertama, sementara di Bogor saja air bersih untuk pelanggan golongan Rumah Tangga Menengah sudah dijual  Rp4.000/m3," kata Enriqo, Selasa (16/2/2016).
 
Sedangkan tarif air di Kota Bekasi, untuk golongan rumah tangga mulai dari Rp3.200/m3 hingga Rp5.400/m3 untuk golongan Rumah Tangga. DKI Jakarta menerapkan tarif Rp4.900/m3 untuk golongan Rumah Tangga Menengah.
 
"ATB tetap menerapkan tarif terjangkau, terutama bagi pelanggan kalangan rumah tangga. Kami memberlakukan tarif secara subsidi silang, sehingga pelanggan golongan Rumah Tangga tidak terlalu terbebani. Apalagi pelanggan Rumah Tangga merupakan pelanggan terbesar ATB," terangnya.
 
Bila tarif air minum swasta yang dinilai tinggi oleh Rizal Ramli adalah tarif Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), menurut Enriqo tarifnya memang terlampau tinggi bila dibandingkan dengan tarif air yang ditetapkan oleh PDAM maupun PAM swasta di Indonesia.
 
"Bandingkan saja, AMDK dijual Rp5.000 untuk 1,5 liter, sementara air ATB dijual Rp2 per liter untuk golongan Rumah Tangga. Bila tarif air PAM atau PDAM bisa setinggi harga AMDK, saya yakin seluruh PAM/PDAM mampu menghasilkan air minum yang kualitasnya setara dengan AMDK," tutupnya.

Editor: Dodo