Berharap Gelas Air Mineral Jadi Petunjuk Pelaku Pembobol Rumah Kosong di Sagulung
Oleh : Harun al Rasyid
Jum'at | 12-02-2016 | 14:33 WIB
maling_ilustrasi.....jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Jhon Rikki Butar butar melapor ke Polsek Sagulung setelah rumahnya yang terletak di Perumahan Batuah Indah, Blok B nomor 36, Sagulung dibobol maling. Saat melapor, korban membawa air mineral kemasan gelas sebagai barang bukti.

"Air minum kemasan ini sepertinya diminum pelaku. Mungkin dia kehausan saat mau maling di rumah saya," kata Jhon, Kamis (11/2/2016) sore. 

Aqua gelas itu biasanya hanya disimpan didalam kulkas dan dikeluarkan sewaktu-waktu untuk menyuguhi tamu yang datang ke rumahnya. Namun, setelah kejadian itu, dilihatnya gelas bekas kemasan air mineral berserakan di atas meja dapur rumahnya. 

"Istri saya tanya, ada minum tidak. Saya bilang tidak. Berarti itu dia (pelaku,red) yang minum," tuturnya. 

Peristiwa pencurian itu terjadi sekitar pukul 17.30 WIB saat Joni tetangganya, memberitahukan bahwa pintu belakang dan teralis rumahnya sudah terbuka lebar. Ketika itu, ia dan istrinya sedang bekerja dan rumah tersebut tak berpenghuni. 

"Saya baru di kabari tetangga, teralis rumah saya udah terbuka, sepertinya rumah saya dimasuki maling," ucapnya. 

Dilihat dari aksinya korban menduga, pelaku masuk melalui rumah kosong yang ada di samping rumah korban. Selanjutnya, pelaku memanjat plafon rumah tetangganya itu dan turun di kamar mandi rumah korban. Pintu kamarnya itu dicongkel pelaku dan menggasak isinya. Untuk membawa hasil curian, pelaku keluar melalui pintu belakang rumah dengan mombobol pintu serta teralisnya.

"Pintu rumah dan jendela saya pasang teralis semuanya. Masih bisa dijebol," kesal Jhon. 

Alhasil, barang-barang berharga seperti seperti KTP atas nama Mainar Sari Sihombing (istri korban) gelang dan cincin emas, satu unit laptop merek Toshiba, satu unit kamera merek Canon serta uang tunai senilai Rp 600 ribu berhasil dibawa kabur pelaku. 

"KTP istri saya juga diambil. Jumlah semua kerugian saya sekitar Rp 14,4 juta," pungkas Jhon dengan nada kesal. 

Editor: Dodo