Pasca-disambar Petir, VOR Hang Nadim Diharap Selesai Diperbaiki Hari Ini
Oleh : Hadli
Selasa | 09-02-2016 | 18:58 WIB
suwarso-baru....jpg
Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim, Suwarso

BATAMTODAY.COM, Batam - Aktivitas penerbangan Bandara Hang Nadim Batam berlum berjalan maksimal setelah dua alat yakni ILS dan VOR disambar petir pada Minggu (6/2/2016) siang lalu.

"Hari ini alatnya datang. Mudah-mudahan hari ini juga selesai dipasang (VOR)," kata Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim, Suwarso, Selasa (9/2/2016).

ILS singkatan (Instrument Landing System) merupakan lampu yang berfungsi di ujung landasan. Sedangkan VOR merupakan Very High Frequency (VHF) Omnidirectional Radio Range berfungsi sebagai sistem navigasi yang menggunakan gelombang radio.

"ILS sudah diperbaiki dan sudah bagus. Tinggal VOR nya saja yang diupayakan hari ini juga selesai diperbaiki dan bisa difungsikan lagi oleh teknisi," kata Suwarso.

Namun demikian sistem VOR Bandara masih dalam tahap perbaikan, opersional Bandara Internasional Hang Nadim Batam masih bisa berfungsi. "Meskipun VOR dalam tahap perbaikan,  tapi secara umum operasional Hang Nadim Batam saat ini sudah berjalan normal seperti sebelumnya," kata dia. 


Pada Minggu (7/2/2016) siang, ILS serta VOR mengalami kerusakan, setelah tersambar petir. Bandara Hang Nadim ditutup sementara waktu sejak pukul 18.00 WIB  yang berujung pada pembatalan penerbangan sejumah maskapai.

Editor: Dodo