Manfaatkan Teknologi, Pemko Batam Siapkan Aplikasi Bursa Kerja Online
Oleh : Ahmad Rohmadi
Selasa | 09-02-2016 | 16:47 WIB
ardiwinata.jpg
Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemko Batam, Ardiwinata.

‪BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) Batam tengah manyiapkan aplikasi bursa kerja dalam jaringan (online) untuk mempermudah para pencari kerja di Batam.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemko Batam, Ardiwinata, mengatakan bahwa sistem online ini nantinya akan menggantikan bursa kerja konvensional yang biasa digelar Pemko Batam setiap tahunnya.‬

‪"Online dirasa lebih efektif karena tidak berbatas waktu," kata Ardiwinata, Selasa (9/2/2016).

Saat ini, katanya, melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) sedang merancang aplikasi bursa kerja tersebut. Nantinya melalui aplikasi ini pencari kerja bisa mengetahui lowongan yang dibuka perusahaan.

Kemudian, Pemko Batam juga akan menjalin kerjasama dengan perusahaan untuk membuka lowongan kerja bagi perusahaan yang sedang butuh karyawan.

"Aplikasi ini nantinya bisa diunduh langsung melalui smartphone. Jadi pencari kerja bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang sedang buka di Batam melalui HP," katanya.

Selain bisa diakses melalui smartphone, rencananya pemerintah juga akan menyediakan perangkat jaringan di kantor-kantor kecamatan untuk bursa kerja online ini. "Rencananya aplikasi ini juga bisa menjadi tempat pendaftaran awal calon karyawan," jelasnya lagi.

Editor: Dodo