Satu dari Enam Pelaku Curanmor Tangkapan Polsek Nongsa Dihadiahi Timah Panas
Oleh : Hadli
Rabu | 03-02-2016 | 14:56 WIB
curanmor-nongsa-dorr.jpg
DS, salah satu enam dari tersangka curanmor yang dihadiahi timah panas oleh anggota Unit Reskrim Polsek Nongsa. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dorrrr! DS (18), salah satu dari enam pelaku curanmor langsung dilumpukan jajaran Unit Reskrim Polsek Nongsa menggunakan timah panas karena berusaha kabur dan melawan saat ditangkap.

"Tersangka merupakan seorang residivis dengan kasus yang sama pencurian sepeda motor di wilayah hukum Polsek Batam Kota," kata Kapolsek Nongsa, Komisaris Polisi (Kompol) Bambang Herlyanto, Rabu (3/2/2016). 

Tersangka, tambahnya baru keluar dari penjara sekitar tiga bulan. Semenjak tersangka keluar, banyak kejadian pencurian sepeda motor yang dilaporkan di Polsek Nongsa dan Batam Kota. 

"Kami melakukan pengintaian dan kegiatan tersangka setelah keluar dari tahanan. Pada Minggu, 31 Januari 2016 kemarin sekitar pukul 00.30 WIB mendapati tersangka sedang mempereteli satu unit sepeda motor dan langsung disergap anggota, ketika itulah tersangka kabur dan melawan," terangnya. 

Penembakan yang terjadi mengenai betis kaki sebelah kiri ‎tersangka. Saat ini kondisi tersangka sudah membaik setelah mendapat perawatan medis. 

Modus tersangka memetik sepeda motor tidak menggunkan kunci T sebagimana yang dilakukan kebanyakan pelaku curanmor. Dengan cara memutuskan kabel kontak dan mengintai kontak atau kunci sepeda motor yang tertinggal di parkiran, kendaraan itu langung dibawa kabur. 

"Dari pengembangan, dua orang komplotan DS, kembali berhasil ditangkap anggota, masing-masing GAS (22), AK (15) dan tiga orang lainnya," ujar Herlyanto kembali. 

Sementara itu, DS mengaku setelah keluar dari penjara, sudah enam kali melancarkan aksinya di berbagai lokasi di Batam. Sebagain sepeda motor yang dicurunya dijual kepada penadah. 

"Tidak ada penampung, kepada siapa aja yang mau saya jual dari harga Rp 1 juta sampai Rp 1,8 juta," ujarnya. 

Ia mengaku, mengetahui cara menghidupkan sepeda motor tanpa kunci saat bekerja di bengkel. Uang  hasil curian sepeda motor ia dibawa untuk bermain di warnet yang berada di Batubesar, dan mabuk - mabukan. 


Selain DS, jajaran Polsek Nongsa jug berhasil membekuk lima pelaku curanmor lainya yang berada di wilayah Nongsa. Dari pengungkapan tersebut, berhasil diamankan sembilan  unit sepeda motor. 

Editor: Dodo