Pak Wali, Banyak PNS Berkeliaran Saat Jam Kerja
Oleh : Harun Al Rasyid
Selasa | 26-01-2016 | 17:50 WIB
IMG_20160126_093651.jpg
Inilah diantara oknum PNS berlogo Pemerintah Kota Batam yang berkeliaran saa jam kerja. (Foto: Harun Al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perilaku Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Batuaji dan Sagulung Batam benar-benar memalukan.  Pasalnya, di saat jam kerja, masih banyak yang berkeliaran dijalan, pasar dan bahkan di warung makan. 

Pemandangan seperti itu kerap terjadi dan para oknum PNS ini seakan tak ada beban berseliwaran di jalan-jalan protokol Batuaji dan Sagulung. Bahkan tak jarang kita jumpai beberapa diantaranya asik menyantap makanan di tengah-tengah jam kerja. 

Salah satunya saat BATAMTODAY.COM, menjumpai seorang wanita berpakaian dinas lengkap dengan lambang Pemko Batam sedang menikmati sarapan pagi di salah satu warung makan yang terletak di depan Polsek Sagulung, Selasa (26/1/2016). Dengan ditemani kawannya, oknum PNS yang bekerja di Kantor Kecamatan Sagulung itu seakan tak menghiraukan jam kerja. 

Padahal, saat itu baru menunjukan pukul 09.00 WIB, yang artinya jam kerja bagai pegawai negara masih berlangsung. Sementara itu, pemilik warung makan yang enggan disebutkan namanya itu mengatakan, beberapa oknum PNS memang terlihat beberapa kali sarapan di warungnya pada saat jam kerja. 

"Mereka kerja di Kantor Kecamatan Sagulung. Kadang-kadang mereka pada makan di sini, jam 8 kadang jam 9," tutur pemilik warung makan itu sambil menunjukan letak Kantor Kecamatan Sagulung yang tak jauh dari lokasi tersebut. 

Sementara itu, Ronald salah satu tukang ojek yang biasa mangkal di Pasar Fanindo mengungkapkan, sering melihat beberapa oknum PNS yang berbelanja di pasar tersebut pada jam kerja. Mereka biasanya menggunakan mobil saat berbelanja dan tetap memakai pakaian dinas lengkap dengan atribut Pemko Batam. 

"Sering bang, coba saja kalau pas jam 9 pagi atau 10 begitu. Mereka pada belanja kesini, pakai motor juga ada. Rata-rata ibu PNS yang umuran di atas 40 tahunlah," tutur Ronal. 

Sikap PNS yang menyepelekan aturan jam kerja itu disesalkan oleh warga Batuaji dan Sagulung. Diharapkan perilaku seperti itu tidak dilakukan oleh oknum PNS yang secara langsung digaji oleh negara dan berharap dapat ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait. 

"Kita yang kerja buruh saja kalau gak tepat waktu gaji dipotong. Mereka PNS yang digaji negara malah enak-enak saja hidupnya. Mentang-mentang orang besar, kalau bisa ditindak yang begituanlah," pungkas Ronal. 

Editor: Dardani