Penerbangan Tujuan Kalimantan dan Sumut Diprediksi Meningkat Saat Imlek
Oleh : Hadli
Senin | 25-01-2016 | 17:10 WIB
suwarso-baru....jpg
Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang Hari Raya Imlek 2567 yang jatuh pada 8 Februari 2016 mendatang, otoritas Bandara Hang Nadim Batam memprediksikan mayoritas pengguna jasa penerbangan didominasi penerbangan tujuan Jakarta, Medan Sumatera Utara dan Pontianak Kalimantan Barat.

"Seperti tahun sebelumnya, menjelang Imlek tujun Pontianak dan Medan akan mengalami peningkatan. Tujuan lain biasanya tidak mengalami peningkatan penumpang, kecuali Jakarta," kata Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Senin (25/1/2016). 

Namun demikian, tambahnya, peningkatan yang terjadi tidak terlalu signifikan seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. "Perkiraan kenaikan hanya tiga persen dari hari biasa," ujarnya. 

Untuk penerbangan tujuan Pontianak Kalimantan Barat dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam dilayani maskapai Lion Air satu kali sehari. 

Sedangkan untuk tujuan Bandara Kualanamu Medan Sumatra Utara, Lion Air melayani sehari sebanyak enam kali, Citilink dua kali, satu penerbangan Garuda Indonesia, dan satu penerbangan dilayani maskapai Nam Air.

"Satu minggu sebelum hari H (Imlek) diprediksikan baru mengalami peningkatan tujuan tersebut, saat ini masih sepi," tutur Suwarso. 

Selain rute tersebut, tambahnya, tujuan Batam dari berbagai daerah pada Imlek mendatang juga diprediksikan mengalami peningkatan, mengingat Batam wilayah Indonesia yang berdekatan dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Editor: Dodo