Perkuat Pengamanan, 110 CCTV di Hang Nadim
Oleh : Hadli
Jum'at | 22-01-2016 | 09:37 WIB
ilustrasi-cctv-banten.jpg
Ilustrasi cctv. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Memperkuat pengamanan, otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam menambah 40 unit camera CCTV dilokasi yang tidak terjangkau oleh petugas di lapangan guna menjaga keamanan penerbangan. 

"Awalnya 70 unit, baru - baru ini ditambah 40 unit CCTV. Total ada 110 unit camera yang dipantau petugas," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Suwarso, Jumat (22/1/2016). 

Tambahan kamera pengintai yang dipasang, kata dia, difokuskan pada area dalam terminal dan area apron bandara guna mengindari aksi pencurian bagasi milik penumpang. 

"Sekarang semua sudah terpantau untuk meningkatkan pengamanan pengguna dan pengunjung bandara agar lebih aman," tutur Suwarso. 

Ia mengatakan, level pengamanan bandara semakin ditingkatkan. Baru - baru ini Dirjen Perhubungan Udara juga mengintruksikan peningkatan pengamanan di Hang Nadim Batam untuk antisipasi berbagai hal.

"Hang Nadim juga mendapat tambahan kendaraan operasional berupa dua motor trail dan satu mobil matroli," ujarnya. 

Sebelum terungkap pencurian bagasi milik penumpang di Jakarta, peristiwa itu sudah terjadi beberapa kali dan Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim mengambil tindakan tegas kepada pelaku. 

Selain CCTV, Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam juga menekankan seluruh maskapai penerbangan di di bandara agar mengantisipasi kasus-kasus pencurian barang milik penumpang. 

"Kami sudah bahas bersama pihak maskapai di Hang Nadim. Petugas bagasi tidak boleh satu orang, harus dua orang. Selain itu setiap petugas bagasi harus diperiksa saat masuk dan keluar bandara," tuturnya. 

Editor: Dardani