Banyak Anak Jadi Pelaku Kejahatan

Polisi Imbau Orang Tua Tingkatkan Pengawasan terhadap Anak
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 19-01-2016 | 15:27 WIB
jambret-batam-kota_(1).jpg
Para tersangka penjambretan beserta barang bukti saat diekspose di Mapolsek Batam Kota.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kanit Reskrim Polsek Batam Kota, AKP Rianto, mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam bepergian. Begitu juga kepada orang tua agar lebih memperhatikan pergaulan anak-anaknya.

Pasalnya, saat ini banyak anak-anak remaja yang kerap melakukan tindak kriminalitas. Seperti tujuh kawanan penjambret yang berhasil ia bekuk, mereka merupakan anak dibawah umur yang putus sekolah.

Disebutkan Rianto, kurangnya pengawasan dari orangtua, membuat si anak mencari kepuasan untuk dirinya sendiri ketika berada di luar rumah. Apalagi, mereka juga mendapatkan pergaulan yang tidak baik.

"Karena itu, diimbau pada orang tua agar bisa memperhatikan dan mengawasi anaknya. Kalau tidak, mereka bisa menjadi pelaku kriminalitas dan akhirnya berujung di kantor polisi. Seperti yang dialami tujuh remaja ini. Begitu sudah dibekuk, baru mereka menyesal. Tentunya mencegah lebih baik sebelum penindakan dilakukan. Sekarang mereka harus menjalani hukuman atas perbuatan mereka," imbau Rianto, Selasa (19/1/2016).

Selain itu, ia juga mengimbau ada masyarakat agar tidak lagi meninggalkan atau menyimban barang berharga di dalam jok sepeda motor. Pasalnya, pelaku bisa dengan mudah mencongkel dan mengambil barang-barang itu.

"Menyimpan barang di dalam jok motor sangat tidak aman, karena mudah dicongkel," tambahnya.

Begitu juga pada wanita, jika bepergian apalagi malam hari, harus benar-benar waspada, karena sering menjadi sasaran pencurian atau jambret. "Rata-rata yang menjadi korban adalah perempuan. Jangan mudah tertipu dengan orang yang tidak dikenal," tegasnya.

Ditambahkan Rianto, kepada semua warga agar lebih berhati-hati ketika menggunakan ponsel miliknya, apalagi saat berada di pinggir jalan. "Para pelaku ini bisa dengan mudah merampas ponsel korban ketika digunakan di pinggir jalan. Untuk itu, mari kita sama-sama meningkatkan kewaspadaan agar terhindar dari tindak kriminalitas," harapnya.

Editor: Dodo