Kerugian Akibat Kebakaran Holland Bakery di Fanindo Ditaksir Rp 100 Juta
Oleh : Harun al Rasyid
Selasa | 12-01-2016 | 12:44 WIB
kebakaran-hollan-bakery2.jpg
Petugas pemadam kebakaran saat berupaya memadamkan api yang melalap Holland Bakery di Plaza Fanindo Tanjunguncang. (Foto: Harun al Rasyid).

BATAMTODAY.COM, Batam - Kerugian akibat kebakaran yang menimpa toko Holland Bakery di Plaza Pasar Fanindo Blok C1 Nomor 1, Tanjunguncang, pada Selasa (12/1/2016) pagi, ditaksir mencapai Rp 100 juta.

Kerugian tersebut merupakan kalkulasi dari barang-barang yang berhasil dilahap si jago merah. Yaitu, 4 unit rak roti, lemari pendingin minuman, 2 unit oven pemanas, beberapa meja dan roti yang siap dijual serta plafon dan barang-barang kecil lainnya. 

"Kerugian sementara sekitar Rp 100 juta," kata Kanit Reskrim Polsek Batu Aji, Iptu M. Said, Selasa siang.

Said menjelaskan, setelah memeriksa Olani Virola, karyawan Holland Bakery sekaligus saksi mata, kebakaran itu bersumber dari saklar listrik yang ada di dalam ruangan. Saklar tersebut mengeluarkan asap yang kemudian diikuti api yang menjalar melalui plafon samping sebelah kanan toko itu dan merembet ke dapur. 

"Setelah asap keluar dari saklar kemudian api menyambar plafon dan merembet ke oven pemanas roti," terang Said.

Said juga menerangkan, saat kejadian toko Holland Bakery sudah melayani beberapa pembeli dan aktivitas seperti biasa dilakukan setiap hari. Kemudian ketika toko itu terbakar, karyawan langsung berteriak memanggil sekuriti dan berusaha mendatangkan mobil pemadam kebakaran. 

"Mereka mencoba mematikan panel listrik, tapi karena lengket jadi tidak bisa dimatikan," ujar Said. 


Sekitar 15 menit setelah 5 unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi, api kemudian bisa dijinakkan. Hingga saat ini, toko tersebut masih dipasang garis polisi untuk kepentingan penyelidikan. 

Editor: Dodo