Permudah Layanan, Iuran BPJS Kesehatan Bisa Bayar di Kantor Pos
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 08-01-2016 | 14:31 WIB
kantor_pos_batam.jpg
Kantor Pos Batam, bisa digunakan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan. (Foto: dok. BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam  - Untuk mempermudah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), pembayaran iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kini dapat dilakukan di seluruh cabang Kantor Pos.

Sedikikitnya, ada 1.100 titik Kantor Pos yang tersebar di seluruh Batam, baik cabangnya langsung maupun anak cabang yang dapat melayani pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

"Selamin Kantor Pos, kita juga sudah bekerjasama dengan Indomaret, Alfamart, dan empat Bank yaitu, BNI, Bank Mandiri, BRI, dan BTN," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam, Budi Setiawan, Jumat (8/1/2015).

Menurutnya, perluasan kerjasama itu perlu dilakukan guna untuk mempermudahkan masyarakat. Kemudian juga menjadi salah satu strategi operasional BPJS Kesehatan di tahun 2016 ini untuk meningkatkan penerimaan iuran.

Pasalnya dari kelompok peserta bukan penerima upah atau peserta mandiri terbilang masih rendah, jumlah yang dterima tidak seimbang dengan tagihan yang seharusnya dibayarkan.

Pada bulan Desember tahun lalu, misalnya. Kantor Cabang Batam mencatat, penerimaan iuran dari peserta mandiri gabungan Batam dan Karimun itu sejumlah Rp 39,1 miliar.  Padahal seharusnya terkumpul Rp 62,7 miliar.

"Selama ini kendalanya adalah memang lokasi pembayaran yang jauh. Sehingga membutuhkan waktu dan biaya tambahan untuk menjangkaunya. Karena itu kita jalin kerjasama dengan kantor Pos," jelasnya.

Editor: Dodo